Home Daerah Lagi, Enam Santri Gontor Positif Corona

Lagi, Enam Santri Gontor Positif Corona

0

PONOROGO – Penyebaran virus korona benar-benar begitu cepat dan perlu mendapat perhatian serius warga Kota Reyog. Bupati Ipong Muchlissoni hari ini, Rabu (8/7/2020) kembali mengumumkan bertambahnya pasien yang terkonfirmasi positif.

Tak tanggung-tanggung, ada sepuluh pasien baru yang dinyatakan positif korona. Enam diantaranya dari santri Gontor.

“Menyusul satu temannya yang lebih dulu dinyatakan positif COVID19, hari ini 6 orang santri PP Gontor 2 dinyatakan positif COVID19,” ungkap Bupati Ipong Muchlissoni.

Adapun pasien ini berasal dari berbagai daerah, antara lain dua orang dari Makassar (Sulawesi Selatan), satu orang dari Manado (Sulawesi Utara), satu orang dari Banjar (Kalimantan Selatan), satu orang dari Ternate (Maluku Utara), dan satu orang dari Gowa (Sulawesi Selatan).

“Mereka datang ke Ponorogo sekitar 3 minggu yang lalu ke Ponorogo untuk melakukan ujian masuk pondok Gontor,” ungkap Bupati.

Kedatangan enam santri ini sebenarnya dengan membawa surat keterangan kesehatan tapi tanpa disertai hasil rapid test.

Saat pengumuman penerimaan, mereka dinyatakan diterima di Pondok Gontor Cabang Ternate.

“Untuk persyaratan perjalanan ke Ternate, tanggal 2 Juli mereka melakukan pemeriksaan RDT dan dinyatakan reaktif, dan setelah dilakukan pemeriksaan PCR hari ini dinyatakan positif. Selanjutnya mereka akan diisolasi di RSUD dr. Harjono,” sebutnya.

Dengan kejadian ini, Bupati meminta masyarakat semua untuk mengambil pelajaran dan hikmah.

Utamanya bagi pesantren-pesantren lain, ternyata rapid test sangat penting untuk dilaksanakan sebagai screening atau deteksi awal status COVID19 dari masing-masing santri, ustadz ataupun penghuni pondok lainnya.

“Surat keterangan sehat tanpa disertai rapid test tidak mampu menunjukkan bahwa terindikasi ada infeksi Covid-19 atau tidak dalam tubuh seseorang. Hampir semua penemuan kasus positif diawali dengan rapid test, jadi penting sekali rapid bagi siapapun yang datang dari zona merah. Terbukti juga dengan 80 persen yang terkonfirmasi positif di Ponorogo saat ini datang dari zona merah,” pungkasnya. (as)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here