Home Headline Hilangkan Titik Mati, 5 Ruas Jalan di Ponorogo Uji Coba Sistem Satu...

Hilangkan Titik Mati, 5 Ruas Jalan di Ponorogo Uji Coba Sistem Satu Arah

0

KOTA, Media Ponorogo – Bupati Ponorogo menargetkan Jalan Sultan Agung dan Ahmad Dahlan sebagai face off berikutnya.

Ini setelah menyelesaikan face off Jalan Hos Cokroaminoto, Jenderal Sudirman, Urip Sumoharjo, dan Gajah Mada.

Mulai merapikan, perbaikan lampu dan pedestrian jalan serta penanaman pohon perindang.

Tujuannya untuk memperindah kawasan tersebut guna meningkatkan potensi pemusatan dan distribusi pelayanan jasa, pelayanan sosial, dan kegiatan ekonomi.

Tak hanya melaksanakan face off bupati juga berkoordinasi dengan pihak terkait untuk merekayasa lalu lintas.

Tidak hanya untuk mengubah sirkulasi dan mobilitas masyarakat saja. Lebih dari itu tidak ada titik “mati” jalan-jalan kecil di tengah perubahan face off.

Ini diproyeksikan juga akan meningkat dan di harapkan mampu menghidupkan kegiatan ekonomi di lingkungan tersebut.

Menindaklanjuti itu, pada tanggal 30/01/2024 Tim Forum LLAJ (Lalu Lintas dan Angkutan Jalan) melaksanakan rapat pembahasan uji coba penerapan satu arah “one way” di 5 jalan.

Yaitu, jalan Kh Ahmad Dahlan satu arah ke timur. Jalan Sultan Agung satu arah ke selatan. Jalan Gajah Mada satu arah ke barat. Jalan Thamrin satu arah timur. Jalan Dr Sutomo satu arah ke barat.

Dengan menyesuaikan, jalan Hos Cokro satu arah ke utara dan Jalan Bhayangkara satu arah ke selatan.

Dari hasil rapat tersebut penerapan uji coba jalan satu arah dilaksanakan tgl 4 Februari 2024.

Namun pada tanggal 05/02/2024 dikarenakan sarana prasarana pendukung diberlakukannya uji coba satu arah belum 100 persen.

Seperti, pulau dan median jalan di Jalan Gajah Mada belum dibongkar. Penambalan jalan bekas pembongkaran median Jalan Ahmad Dahlan dan Sultan Agung masih dalam proses pengerjaan. Serta pemetaan rambu lalu lintas yang membutuhkan waktu.

Maka melalui instruksi bupati langsung menunda pelaksanaan uji coba penerapan satu arah.

Kemudian, pada tanggal 12/02/2024 berdasarkan amanat bupati pada apel Senin, 12 Februari 2024 dan seiring selesainya penambalan aspal bekas pembongkaran median di Jalan Ahmad Dahlan, Sultan Agung dan pembongkaran pulau jalan di simpang 4 tonatan (Gajah Mada).

Maka uji coba penerapan satu arah di lima ruas jalan agar dimulai tgl 14 Februari 2024.

Pada hari yang sama siang Pukul 13:00 FLLAJ kembali mengadakan rapat dadakan di aula Dinas Perhubungan Kabupaten Ponorogo melaksanakan persiapan dan pemantapan.

Meliputi sarana prasarana, personil gabungan yang melaksanakan pengamanan jalan dalam rangka uji coba penerapan satu arah di 5 ruas jalan.

Puncaknya, tanggal 13/02/2024 Dinas Perhubungan Kabupaten Ponorogo melaksanakan rapat internal bersama Bidang Pengendalian dan Operasi Lalu lintas Angkutan jalan beserta personil dishub.

Tujuannya guna melaksanakan pembagian tugas pam pengamanan jalan yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 dalam rangka uji coba penerapan satu arah di lima ruas jalan. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here