Home Daerah Ipong : Enam PDP Ponorogo Negatif Corona

Ipong : Enam PDP Ponorogo Negatif Corona

0

PONOROGO – Kabar baik datang di tengah upaya pencegahan wabah covid-19 masuk di Kota Reyog. Pasalnya, enam orang warga Ponorogo yang bersatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dinyatakan negatif corona.

“Alhamdulillah PDP kita per pagi ini sudah nol. Enam orang yang semula berstatus PDP sudah dilakukan swab untuk diperiksa. Hasilnya negatif,” ungkap Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni usai menjalankan Subuh Berjamaah di Masjid Arrohmah, Desa Bangsalan, Kecamatan Sambit, Sabtu (28/3/2020) sebagaimana dimuat ponorogo go id.

Hal ini diketahui setelah pemeriksaan laboratorium Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Surabaya atas swab (usap) tenggorok mereka menyatakan hasilnya negatif Covid-19 (Corona Virus Disease 2019).

Ipong menyebut, angka PDP di Ponorogo perkembangannya dari hari ke hari memang mengalami penurunan.

Pada Kamis (26/3/2020) tercatat 5 orang, pada Jumat (27/3/2020) tercatat menjadi 3 orang. Namun Sabtu (28/3/2020) jumlah PDP dinyatakan nol.

PDP adalah seseorang yang memiliki gejala demam di atas 38 derajat celcius diserta batuk, sesak napas, sakit tenggorokan, atau pneumonia ringan dan ada riwayat berada di daerah terjangkit atau terpapar dalam 14 hari sebelum timbul gejala.

Di sisi lain jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) terjadi peningkatan. Data Dinkes Ponorogo menyebutkan ODP per Kamis (26/3/2020) tercatat 119 orang, dua di antaranya rawat inap. Sedangkan pada Jumat (27/3/2020) menjadi 142 orang, dan hanya satu orang yang rawat inap.

Adapun Data Orang Dalam Resiko (ODR) juga masih meningkat. Pada Kamis (26/3/2020) tercatat 973 orang, sedangkan pada Jumat (27/3/2020) tercatat 990 orang.

“Mengapa naik terus. Itu karena kita, warga, perangkat desa, dan pemerintah sudah bekerja. Yaitu melaporkan keberadaan orang yang baru saja datang dari luar daerah yang terjangkiti, baik negara maupun kabupaten/kota yang sudah ada kasus positif covid-19-nya,” sebut Bupati Ipong.

Bupati Ipong menyebutkan, sikap kooperatif warga yang bersedia melaporkan warga yang baru saja datang sebagai salah satu kunci dalam pencegahan penyebaran virus corona ini.

Kunci keduanya adalah gerakan dari seluruh warga Ponorogo, baik ormas, karang taruna, dan masyarakat desa yang terus berupaya menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Masyarakat sudah banyak yang secara mandiri melakukan penyemprotan disinfektan di wilayahnya masing-masing. Itu luar biasa,” ungkapnya.

Kunci ketiganya adalah upaya untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. “Di antaranya dengan menggiatkan salat subuh berjamaah. Warga bisa melaksanakan subuh berjamaah ini di lingkungannya masing-masing,” pungkasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo Rahayu Kusdarini membenarkan pernyataan Bupati Ipong tersebut.

“Betul (PDP Ponorogo pada Sabtu pagi nol),” tulisnya melalui pesan singkat.

Namun, untuk data ODR dan ODP pada Sabtu (28/3/2020) ini, masih dalam rekapitulasi dan akan diumumkan pada petang atau malam hari. (ist/tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here