Home Daerah Cegah Penularan HIV / AIDS, Dinas Kesehatan Mlarak Gelar Penyuluhan & Pengecekan...

Cegah Penularan HIV / AIDS, Dinas Kesehatan Mlarak Gelar Penyuluhan & Pengecekan Kesehatan, Gratis

177
0

PONOROGO – Cegah penularan penyakit mematikan HIV/ AIDS, dinas kesehatan Puskesmas Mlarak mengadakan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan secara gratis bagi pekerja pemandu lagu dan waiter pada sebuah cafe.

Polsek Mlarak mendampingi Dinas Kesehatan Puskesmas Mlarak melakukan Penyuluhan Bahaya Penyakit HIV / AIDS dan pemeriksaan kesehatan gratis kepada sebanyak 20 para pekerja Pemandu Lagu (PL) dan 5 Waiters di Cafe Maharani Desa Bajang Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo, Rabu (12/09/2019).

Petugas Dinas kesehatan Kecamatan Mlarak, Rukmini mengatakan penyuluhan kesehatan terhadap para Pemandu Lagu dan Waiters tentang Bahaya penyakit HIV / AIDS berikut bagaimana penyebaranya.

“Kegiatan penyuluhan sebagai bentuk upaya pencegahan Penyakit HIV/AIDS yang sangat rentan bagi warga yang ada di Cafe ini,” ujarnya.

Oleh karena itu tahap pemeriksaan awal yang dilakukan oleh Tim Medis Puskesmas meliputi Tes darah.

“Jika ada yang terindikasi virus HIV/AIDS secepatnya kami beri tahu dan memberi rujukan untuk berobat ke rumah sakit,” terangnya.

Selain menjalani tes kesehatan juga dilakukan penyuluhan tentang kamtibmas dan narkoba yang disampaikan oleh Bhabinkamtibmas Desa Bajang Bripka Vikho A.H.

Dalam kegiatan penyuluhan tersebut para pekerja Pemandu lagu dan Waiters untuk tetap menjaga situasi kamtibmas.

“Mengingatkan Pekerja untuk meningkatkan kewaspadaan dan kepedulian terhadap lingkungannya agar terhindar dari bahaya narkoba. Serta apabila terjadi gangguan kamtibmas diharapkan segera malaporkan ke Polsek Mlarak sehingga bisa segera ditangani,” katanya.

Sementara itu, Kapolsek Mlarak AKP. Sudaroini, S.H saat Dikonfirmasi mengatakan, bahwasannya sangat mendukung sekali kegiatan penyuluhan semacam ini, semoga banyak manfaatnya karena sebagian besar masyarakat merasa awam tentang tanda-tanda seseorang yang terjangkit penyakit HIV/AIDS.

“Diharapkan dengan adanya sosialisasi seperti ini, para pekerja Cafe agar selalu memantau kesehatannya dan Memahami akan Bahaya penyakit HIV / AIDS supaya terhindar dari Penyakut HIV / Aids,” pungkasnya (mny).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here