Home Daerah Kades Bulak dan Pandak, Ponorogo, Gelar Tasyakuran Pembangunan Jembatan Melikan

Kades Bulak dan Pandak, Ponorogo, Gelar Tasyakuran Pembangunan Jembatan Melikan

0

PONOROGO – Proyek pembangunan infrastruktur jembatan menjadi penunjang utama dalam mengakselerasi kehidupan perekonomian masyarakat, sebab menjadi akses untuk menghubungkan antar satu daerah ke daerah lainnya.

Termasuk di wilayah pemerintah Desa Bulak dan Desa Pandak Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo.

Dengan selesainya proyek pembangunan jembatan maka masyarakat bersama Kades  mewujudkan rasa syukur dengan membuat acara tasyakuran menghadirkan elekton campursari Mutiara Nada dan musik gajah-gajahan Kriho Utomo, Minggu (9/1/2022).

Hadir pada acara tasyakuran dan peresmian Jembatan Melikan Anggota DPRD Ponorogo Dapil V Mahfud Arifin, Camat Balong Ismail, Polsek, Koramil, Kepala Desa Bulak, Kepala Desa Pandak, Perangkat Desa, Tokoh masyarakat, Pemuda Karangtaruna dan masyarakat setempat.

Pantauan dilokasi, panitia menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, penempatan group hiburan di tengah jembatan, dan dari sisi barat dan Timur untuk tamu undangan, masyarakat bisa melihat dari belakang undangan.

Dalam pelaksanaan potong pita tanda diresmikannya jembatan Melikan tersebut, Anggota DPRD Ponorogo Mahfud Arifin di dampingi Camat Balong, Kades Bulak dan Kades Pandak.

“Perlu diketahui, pembangunan jembatan yang menghubungkan desa Bulak dan Desa Pandak ini merupakan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Ponorogo, secara bertahap,” kata Mahfud dalam sambutannya.

Mahfud juga menjelaskan, pada tahap awal tahun 2020 turun anggaran Rp. 200 juta untuk pembangunan pondasi untuk sisi kanan dan kiri.

“Kemudian dilanjutkan pembangunannya struktur utamanya bagian atas dan talud samping ditahun 2021 dengan anggaran Rp 600 juta melalui lelang,” jelasnya.

 

Dikatakan, pembangunan jembatan Melikan ini berdasarkan usulan dari masyarakat meminta agar jembatan dibangun lebih tinggi dari jalan, lebar dan panjang.

“Semula tingginya hanya 4 meter menjadi 7,5 meter. Lebar semula 3 meter menjadi 4,5 meter dan panjangnya menjadi 9 meter,” tuturnya.

Dengan dibangunnya jembatan ini, Mahfud berharap dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat, khususnya warga Bulak dan Pandak, serta masyarakat sekitar.

“Satu-satu akses penghubung antara warga Bulak dan Pandak yang merupakan sumber utama mata pencaharian bagi masyarakat setempat,” ungkapnya.

Sementara Camat Balong Ismail dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua fihak sehingga pembangunan jembatan Melikan ini bisa rampung dan hari ini diresmikan.

“Untuk itu, apresiasi yang setinggi tingginya kepada fihak yang telah membantu, terutama kepada anggota wakil rakyat DPRD Ponorogo bapak Mahfud yang terus mendukung dan mengawal hingga tuntas pembangunan jembatan Melikan,” ucapnya.

Senada dikatakan Kades Bulak Aini Musrifah menjelaskan pembangunan jembatan Melikan sudah rampung dan hari ini masyarakat mengadakan tasyakuran bersama.

“Hari ini jembatan Melikan siap dan resmi digunakan. Semoga dapat memudahkan dan meningkatkan perekonomian masyarakat kita,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Kades Pandak Sirnan mengajak segenap warganya untuk bersatu untuk mendorong terwujudkan akslreasi pembangunan di desa.

“Dengan diresmikannya jembatan Melikan, mari kita bersatu untuk membangun desa kita,” pungkasnya. (mny)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here