Home Budaya Pemuda Orteja Peduli, Reboisasi Untuk Negeri

Pemuda Orteja Peduli, Reboisasi Untuk Negeri

0

KARANGLO KIDUL, JAMBON – Kegiatan menanam pohon (Reboisasi) bersama pemuda Orteja (Organisasi Remaja Tengah Jaya) desa Karanglo Kidul, Minggu (17/01/2021) di Gunung Samboja Desa Karanglo Kidul, Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo.

500 bibit pohon sengon dan trembesi ditanam di gunung samboja desa Karanglo Kidul Kec Jambon

Tampak antusias puluhan pemuda dukuh Tengah dan Perhutani untuk menanam bibit Sengon dan Trembesi di lahan Gunung Samboja.

Sadar akan bahaya bencana alam akibat Pemanasan Global dan kebutuhan air di masa yang akan datang, pemuda Orteja desa Karanglo Kidul bekerja bakti menanam pohon.

Penanaman dipusatkan di Gunung Samboja yang letaknya di desa Karanglo Kidul.

Tujuan dilakukannya penanaman pohon ini yaitu untuk peresapan air hujan. Karena akhir-akhir ini dirasa sudah sangat berkurang untuk sumber air sumur warga sekitar.

Pun juga sebagai wujud bhakti pemuda untuk negeri.

Puncak gunung Samboja Desa Karanglo Kidul

Fuad, ketua tim pelaksana kegiatan mengatakan,  Alhamdulillah untuk kegiatan penanaman pohon kali ini bekerjasama dengan perhutani.

“Bibit pohon trembesi dan sengon telah disiapkan oleh perhutani, kita pemuda bertugas sebagai tim eksekutornya.Jumlahnya ada 500 bibit pohon Sengon dan Trembesi,” katanya.

Dia juga menjelaskan, kegiatan ini sebetulnya telah diagendakan sejak tahun lalu, tetapi karena kurangnya kesiapan bibit dan waktu pergantian musim telah dekat, maka dilaksanakan tahun ini.

Rencana jenis pohon yang akan ditanam sebenarnya yang diinginkan adalah pohon beringin, karena menurutnya sangat ampuh untuk menyimpan air.

“Akan tetapi karena jarang ada pembibitan pohon beringin tersebut, maka seadanya saja dulu, bila nanti lain waktu tersedia, maka pemuda orteja siap mengeksekusinya,” Imbuhnya.

Semoga dengan dilaksanakannya penanaman pohon ini bisa menjadi modal awal tercapainya wilayah yang gemah ripah loh jinawi, aamiin. (mny).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here