Home Daerah POTENSI PENULARAN MASIH TINGGI, DISIPLIN ADALAH KUNCI

POTENSI PENULARAN MASIH TINGGI, DISIPLIN ADALAH KUNCI

0

Assalamualaikum Wr. Wb.
Masyarakat Kab. Ponorogo yang saya cintai,
Seperti kita ketahui, COVID-19 ini bisa menyerang siapapun dan dimanapun. Orang yang terpapar virus ini, bisa menunjukkan gejala yang beragam. Ada yang menunjukkan gejala yang berat, namun ada juga yang tidak menunjukkan gejala sama sekali tapi sebenarnya dia kemungkinan membawa virus, atau yang biasa kita sebut Orang Tanpa Gejala (OTG).

Siapakah OTG??
bisa saya, anda, keluarga kita, teman kita, teman olahraga kita, teman ibadah kita, orang yang baru kita temui semalem atau tadi pagi, orang yang akan kita temui nanti siang atau sore.
Orang – orang ini bisa kita kenal, bisa juga tidak.

Di manakah OTG?
bisa di pasar, warung, kafe, angkringan, rumah makan, tempat ibadah, alon-alon, jalan baru, bus, kereta, tempat wisata, bisa dimana-mana.

Apakah OTG perlu diwaspadai?
Tentu saja, karena bisa menjadi potensi penularan COVID-19.

Hari ini dengan penuh keprihatinan kembali saya kabarkan bahwa terdapat penambahan 1 kasus konfirmasi positif COVID19. Yang bersangkutan adalah seorang perempuan usia 23 tahun, alamat Desa Ngraket (Balong) dan berstatus sebagai mahasiswa. Sejak 3 bulan yang lalu dia di rumah karena penerapan pembelajaran dari rumah. Selama ini dia tidak terdapat keluhan apa-apa. Kebetulan tgl 19 Juni yang lalu dia melakukan Rapid Test Antibody sebagai syarat kembalinya dia ke kampus, dan ternyata didapatkan hasilnya reaktif. Kemudian dilaksanakan pemeriksaan swab PCR dan hasilnya positif. Selama 3 bulan di Ponorogo, dia beberapa kali beraktivitas ke luar rumah untuk berbelanja ataupun bertemu dengan saudara ataupun temannya.

Untuk itu, saya ingatkan, jangan karena kita sudah berada di zona kuning kita lalai terhadap semua protokol kesehatan. Upayakan tetap di rumah jika tidak ada urusan yang sangat penting. Jangan sia-siakan pengorbanan kita selama 3 bulan terakhir. Semua orang bisa beresiko tertular dan menularkan. Saat daya tahan tubuh kita tidak baik, kita bisa sakit. Saat daya tahan tubuh kita baik, kita mungkin akan dapat bertahan tapi kita bisa menularkan ke kelompok rentan yang ada di sekitar kita, seperti orang tua, lansia, anak2, ibu hamil, orang dg penyakit kronis, dan sebagainya. Marilah kita saling menjaga satu sama lain.

DISIPLIN TERHADAP PROTOKOL KESEHATAN adalah kunci dalam memutus rantai penularan.
– sering cuci tangan pakai sabun
– pakai masker ketika berada di tempat umum dan berinteraksi dg org lain
– jaga jarak minimal 1 meter saat berinteraksi dg org lain
– tingkatkan imunitas tubuh dg olahraga dan gembira
– berdoa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT

Kabar bahagianya, hari ini juga terdapat 1 orang kasus konfirm yang dinyatakan sembuh, yaitu pasien nomer 06 yang beralamat di Desa Jebeng, Slahung.

Dengan demikian, data kasus konfirm COVID-19 di Ponorogo per hari ini :
Total = 38
sembuh = 23
isolasi RS = 13
meninggal = 2

TETAP SEMANGAT MENUJU ZONA HIJAU!

MARI BERSATU MELAWAN COVID-19

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Ponorogo, 22 Juni 2020
Ipong MS,
Bupati Ponorogo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here