Home Birokrasi Dukcapil Ponorogo Luncurkan PAKEL di 21 Kecamatan

Dukcapil Ponorogo Luncurkan PAKEL di 21 Kecamatan

144
0

PONOROGO (MP) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Ponorogo luncurkan Paket Lengkap (PAKEL) diseluruh Kecamatan se Kabupaten Ponorogo. Sebelumnya PAKEL sudah diluncurkan di tiga Kecamatan yakni Kecamatan Badegan, Jetis dan Pulung. Kepastian itu, karena dalam Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) sudah dipastian dianggarkan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Ir. Endang Retno Wulandari , MM, mengatakan, program paket lengkap ini dilakukan  untuk mendekatkan pelayanan kepada penduduk. Program Pakel ini artinya penduduk didalam mengurus administrasi kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK),  Akta Kelahiran, Akta Kematian cukup melalui UPT dukcapil di Kecamatan.

“Jadi PAKEL ini segera akan kita terapkan di 21 Kecamatan, dimana sebelumnya masih kita lakukan di 3 Kecamatan. Di anggaran PAK 2017,  pihaknya akan melakukan PAKEL di seluruh Kecamatan di Kabupaten Ponorogo,” ujar Retno Jum’at (22/09).  Dengan program PAKEL ini lanjut Retno, warga yang akan mengurus data kependudukan cukup di Kecamatan setempat. Dan tidak harus ke Dinas Dukcapil Ponorogo.

Selain itu, warga saat mengurus di UPT dukcapil Kecematan setempat akan mendapatkan dokumen lengkap. Dokumen yang didapatkan misalkan, mereka melakukan perubahan memasukkan nama anaknya di KK, dia akan mendapatkan KK yang baru dan akan mendapatkan Akta Kelahiran anaknya. “Kalau melaporkan kematian, dia juga akan mendapatkan Akta Kematian, dan akan mendapatkan KK yang baru. Pokoknya lengkap, seluruh dokumen yang dipunyai karena adanya perubahan peristiwa kependudukannya, dan akan diselesaikan dalam satu paket,” terangnya.

Dia juga mengatakan dengan program PAKEL itu nanti targetnya dalam satu minggu staf kita yang ada di Kecamatan akan ke Dukcapil Ponorogo dua kali. “Jadi kita targetkan satu minggu pengurusan dokumen lengkap sudah bisa jadi. Semua ini sudah dianggarkan di PAK 2017 ini. Ini bentuk komitmen Bupati Ipong Muchlisoni dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada warganya,” tukasnya (mny)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here