Home Headline DPC HILLSI Ponorogo Periode 2023-2028 Resmi Dilantik, Alfi Khusnul: Mitra Pemerintah Cetak...

DPC HILLSI Ponorogo Periode 2023-2028 Resmi Dilantik, Alfi Khusnul: Mitra Pemerintah Cetak Tenaga Kerja Kompeten di Dalam & Luar Negeri

0

SUKOREJO, Media Ponorogo – Pelantikan dan pengukuhan pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Lembaga Pelatihan Seluruh Indonesia (HILLSI) Kabupaten Ponorogo periode 2023-2028 berlangsung hikmat dan semarak, Selasa (7/3/2023).

DPC HILLSI Kabupaten Ponorogo yang dinahkodai Alfi Khusnul Hidayah itu dilantik oleh Ketua DPD HILLSI Jawa Timur Sutiyono, M.Psi.

Serta langsung dikukuhkan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Ponorogo Drs. Supriyanto, MM.

Pelantikan yang berlangsung di Aula UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Karanglo Lor Kecamatan Sukorejo ini dimulai dengan pembacaan surat keputusan oleh Safrudin, S Ag Sekretaris DPD HILLSI Jatim.

Pelantikan disaksikan oleh Kepala Disnaker Ponorogo, Pengurus DPD HILLSI Jatim, Dinas Pendidikan, Kepala UPT BLK Ponorogo, Ketua Apindo Ponorogo, Forpimka Sukorejo serta perwakilan kepala desa.

Dalam sambutan perdananya, Alfi Khusnul Hidayah Ketua DPC HILLSI Ponorogo mengatakan, bahwa pelantikan ini merupakan titik kulminasi dari serangkaian musyawarah cabang yang digelar pada 17 Februari 2023.

Alfi sapaan akrabnya menjelaskan, HILLSI merupakan perkumpulan atau asosiasi lembaga pelatihan kerja di dalam maupun luar negeri.

Sejak berdiri tahun 1983 di Jakarta telah bermitra baik dengan Disnaker. Bahkan, selama tiga puluh tahun bekerjasama dengan konsen mengadakan pelatihan. “Jadi tidak ada alasan untuk memandang sebelah mata,” tegasnya.

Menurutnya, ratusan tenaga kerja diantarkan Hillsi meningkatkan taraf hidup dengan menjadi tenga kerja terampil dan profesional. “Sehingga Hillsi bukan pelengkap di dinas,” tandasnya.

Ia menegaskan, bahwa Hillsi Ponorogo komitmen bergandeng erat dengan pemerintah berkolaborasi membangun Indonesia.

Kedepan, DPC HILLSI Ponorogo bakal mengembangkan pelatihan produktif di era digitalisasi. Mulai OSS, Bimtek Metodologi hingga akreditasi. “Tentu kami butuh bimbingan DPD HILLSI Jatim serta sinergi dinas terkait,” ujarnya.

Pun, pihaknya senang karena pengurus HILLSI satu-satunya lembaga yang lolos digital platform pra kerja. “Ini modal besar bagi Ponorogo,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua DPD HILLSI Jatim Sutiyono mengucapkan selamat kepada ketua dan pengurus HILLSI Kabupaten Ponorogo. “Ini momen yang tidak mudah dilakukan karena organisasi butuh pemikiran dan pengorbanan,” ucapnya.

Dalam arahannya, Sutiyono meminta pengurus bekerja all out. “100 persen kerja untuk anggota,” tegasnya.

Ia mendorong pengurus untuk mengubah pola pikir dengan menyuntikkan new paradigma 2023.

Pertama, mengutamakan kolaborasi dengan siapapun. “Baik dengan dinas maupun organisasi sejenis. Kalau ada suara miring ambil sisi positifnya,” tandasnya.

Kedua, seluruh LPK harus menjadi pengusaha. “Sesuatu yang tidak ada ditreathment menjadi ada,” sebutnya.

Pihaknya siap mendukung program kerja HILLSI Kabupaten Ponorogo yang bakal menggelar pelatihan. Termasuk mendampingi prakerja sampai lolos.

“Target kami 50 persen selama enam bulan anggota HILLSI masuk kartu pra kerja. Kami dampingi semaksimal mungkin,” tegasnya.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko melalui Kepala Disnaker Drs Supriyanto MM mengapresiasi tinggi pelantikan DPC HILLSI Kabupaten Ponorogo.

“Kami atas nama Pemkab Ponorogo mengucapkan selamat dilantik dan dikukuhkannya DPC HILLSI Ponorogo,” ucapnya.

Menurutnya, eksistensi HILLSI selama ini sudah banyak membantu pemerintah dalam mengurangi pengangguran.

“HILLSI banyak mencetak generasi penerus bangsa dan pencari kerja sampai sukses di dalam maupun luar negeri,” sebutnya.

Disnaker siap mendukung HILLSI untuk bersama-sama memberikan bekal pelatihan kepada pencari kerja. Termasuk memfasilitasi agar lolos pra kerja dengan menggelar workshop di kecamatan.

“Kami berharap, kehadiran HILLSI bisa menghasilkan tenaga kerja di Kabupaten Ponorogo lebih profesional dan berkualitas. Yakni dengan melatih yang belum bekerja dengan pendidikan yang kompeten. Sehingga bisa mendapatkan pekerjaan atau menciptakan kesempatan kerja baru,” pungkasnya. (mas)

Berikut Susunan Pengurus DPC HILLSI Kabupaten Ponorogo Periode 2023-2028

Pelindung: Bupati Ponorogo
Pembina : Kepala Dinas Tenaga Kerja Ponorogo
Pembina Teknis : Kabid Pelatihan dan Produktifitas Kab Ponorogo, Kepala UPT BLK Ponorogo

Penasehat: Sumitro, Ibnu Fahrudin Bayu Aji, Darsono, Teguh Pujianto, Hendrawan SE

Ketua 1: Alfi Khusnul Hidayah
Ketua 2: Sugeng
Sekretaris 1: Binti Nihayah
Sekretaris 2 : Arif Santoso
Bendahara 1 : Sri Wahyuni
Bendahara 2 : M.Fatoni Anwar

Bidang organisasi dan kelembagaaan: Sri Gati, S.Pd, Rizki Alfian

Bidang Akreditasi dan Sertifikasi : Agus Supriyadi, Sukarno

Bidang Pemagangan dan Penempatan : Setyowati

Bidang IT & Digital Marketing : Uli Rohmatin

Bidang Pengembangan Investasi : Femy Padiking

Bidang UMKM & Logistik : Aning Susilowati S.Pd

Bidang Humas dan Publikasi : Hanafi

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here