Home Headline SMKN 2 Ponorogo Dipercaya BDI Kemenperin RI & PT. Jaya Perkasa, Diklat...

SMKN 2 Ponorogo Dipercaya BDI Kemenperin RI & PT. Jaya Perkasa, Diklat 3in1 Operator Mesin Industri Garmen

0

PONOROGO – Keberadaan SMKN 2 Ponorogo yang mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dan beretos kerja tinggi membuat kepercayaan dunia usaha dan dunia industri semakin tinggi, tidak terkecuali BDI Jakarta.

Terbukti, SMK Negeri yang dipimpin Farida Hanim Handayani S.Pd, M.Pd itu dipercaya oleh BDI dan PT. Jaya Perkasa sbg tempat diklat 3in1 Operator Mesin Industri Garmen Berbasis Kompetensi Insite Angkatan 76 Tahun 2021.

“Kami memilih SMKN 2 Ponorogo karena selama ini sudah bekerjasama dengan PT Jaya Perkasa. Dan kami melihat bahwa alumninya cukup memiliki dedikasi yang tinggi dan mental bagus untuk bekerja di industri garmen. Saya yakin SMKN 2 Ponorogo adalah SMK terbaik,” ungkap Rakhmad Budiyono Manager HRD dan GA PT. Jaya Perkasa Texstile.

Menurutnya, dalam Diklat ini nanti peserta tidak hanya dilatih soft skill dan hard skill. Namun juga tata kerja di industri garmen.

“Karena disamping bisa kompetensi dan efektif mereka harus menjaga keselamatan kerja. Jadi bukan hanya pelatihan menjahit saja tapi juga efektif, selamat dan sehat,” tandasnya.

Farida Hanim Handayani, S.Pd, M.Pd mengatakan, pelatihan ini penuh makna. 3 in 1 artinya Peserta Pelatihan harus TERLATIH, KOMPETEN, DAN SIAP BEKERJA.

Terlatih melalui kegiatan pelatihan, Kompeten melalui sertifikasi industri, siap bekerja melalui program perekrutan.

Hal ini sudah sangat sesuai dengan tujuan penyelenggaraan diklat ini, yaitu : 1) mengadakan Pelatihan, 2) melakukan sertifikasi, dan 3. melakukan perekrutan.

Diklat ini diikuti 100 peserta. Penyelenggaraan diklat mulai tgl 24 Mei sd 15 Juni 2021.

Harapan Farida semoga kepercayaan BDI dan PT Jaya Perkasa ini tidak berhenti di tahun ini, tapi terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya.

Peserta diklat yang lolos akan mendapat sertifikat dari BNSP untuk perekrutan juga akan dilakukan pasca diklat.

Selanjutnya menurut Rahmad Budiyono bidang pekerjaan yang bisa diambil oleh leserta diklat tidak hanya garmen, peserta bisa direkrut di bagian lain.

Karena PT Jaya Perkasa tidak hanya butuh tenaga kerja menjahit, tapi juga butuh pekerja di bagian Quality Control, Administrasi Perkantoran, Packing dan lain- lain.

Farida Hanim Handayani, S.Pd, M.Pd Kepala SMKN 2 Ponorogo merasa bangga sekolahnya mendapat kepercayaan tinggi dari PT Jaya Perkasa salah satu industri besar yang tergabung dalam Group PT. Sri Rejeki Isman, Tbk atau Sritex.

“Suatu kepercayaan yang luar biasa dari PT Jaya Perkasa yang telah menggandeng dan mempercayakan pelaksanaan Diklat ini kepada SMKN 2 Ponorogo,” ujarnya.

Farida pun mengajak peserta untuk lebih bersemangat mengikuti diklat yang berlangsung selama 18 hari.

“Peserta adalah anak-anak yang luar biasa. Karena bisa menjadi peserta Diklat di SMKN 2 Ponorogo yang disupport PT. Jaya Perkasa dan Balai Diklat Industri Jakarta Kementerian Perindustrian RI,” sebutnya.

Ia berharap kepada 100 peserta diklat untuk mengikuti secara maksimal program ini untuk mengembangkan potensinya.

Apalagi peserta tidak hanya dari SMK N2 Ponorogo, beberapa dari MAN dan SMA Negeri. Apa mereka salah mengikuti diklat ini ?

“InsyaAlloh tidak, karena diklat ini juga memfasilitasi alumni SMA/ SMK sederajat untuk memiliki multi skill,” sebutnya.

Dengan memiliki Multi Skill peserta bisa bekerja pada bidang apapun. Seseorang yang memiliki Multi Skill punya potensi besar mencapai kesuksesan selama dia rajin, tekun, semangat dan motivasi besar untuk maju dan berkembang.

“Saya sangat mengapresiasi peserta selain jurusan Tata Busana karena bisa mempunyai multi skill sebagai bekal kesuksesan dalam berwirausaha maupun berkompetisi di dunia kerja,” tandasnya.

Apresiasi tinggi disampaikan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Ponorogo Drs. Nurhadi Hanuri, MM.

Menurutnya, SMKN 2 Ponorogo terbukti dan berkomitmen memberikan layanan sampai berfikir lulusan sampai mendapatkan kerja.

“SMKN 2 Ponorogo luar biasa karena secara all out melayani dan mendampingi siswa dan lulusan mendapat kerja.

Nurhadi berharap peserta memanfaatkan kesempatan emas ini yakni dengan mengikuti Diklat untuk mengasah kompetensi dan bisa diterima kerja di PT. Jaya Perkasa atau industri lain. Jangan pernah menyerah. Terus kejar mimpi sukses kalian dengan mengikuti kegiatan-kegiatan seperti ini.

“Mudah-mudahan ikhtiar SMKN 2 Ponorogo ini mampu mengantarkan lulusan meraih masa depan yang gemilang, salah satunya bekerja di PT Jaya Perkasa,” pungkasnya.

Sementara itu, dalam pembukaan diklat ini ditandai dengan penyematan tanda peserta serta penyerahan tas diklat.

Pembukaan dihadiri dan disaksikan langsung Rahmad Budiyono Manager HRD & GA PT. Jaya Perkasa Texstile, Egi Perwakilan Aptexaa (Ahli Praktisi Textile Apparel Alas Kaki), Kacabdindik Wilayah Ponorogo Drs. H. Nurhadi Hanuri, MM, Ketua Komite Sekolah Dr. H.Syarifan Nurjan, MM dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here