Home Daerah Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Ponorogo Canangkan Gerakan Makan Buah &...

Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Ponorogo Canangkan Gerakan Makan Buah & Sayur

0

PONOROGO, MEDIAPONOROGO.COM – Berdasarkan Undang undang No 18 Tahun 2012 tentang pangan mengamanatkan
bahwa Pemerintah Daerah berkewajiban mewujudkan penganekaragaman konsumsi
pangan untk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat seuai potensi dan kearifan local guna mewujudkan hidup sehat , aktif dan produktif.

Pemerintah Kabupaten Ponorogo melalui Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan
Perikanan th 2020 telah melakukan kegiatan Gerakan Makan Buah dan Sayur dengan
sasaran anak anak usia produktif (anak sekolah).

Tujuan dari Gerakan Makan Buah dan Sayur ini yaitu, memenuhi pangan dan gizi yang beragam, bergizi, seimbang dan aman
(B2SA).

Selain itu bermanfaan, pencegahan “Stunting” dengan pemenuhan pangan dan gizi yang cukup sesuai dengan Pola Pangan Harapan (PPH).

Pencanangan ( Launching ) gerakan Makan Buah dan Sayur dilakukan di Kelurahan Kertosari , kecamatan Babadan yang dihadiri  DRH. Andi Susetyo, MMA selaku Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan, Camat Babadan beserta Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan, Lurah Ke3rtosari beserta TP
PKK Kertosari.

Kabid Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo Muh Tamar Mahara, STP. MMA mengatakan, pencanangan gerakan makan buah dan sayur tersebut dihadirkan anak anak atau siswa untuk melakukan kegiatan  “Makan bersama” dengan menu yang beragam, bergizi, simbang dan aman (B2SA).

“Anak-anak diperkenalkan dengan berbagai macam tanaman buah dan sayuran agar anak mengerti dan paham tentang jenis jenis tanaman buah dan sayuran yang mempunyai nilai gizi yang tinggi,” tuturnya.

Dia juga menjelaskan, Gerakan makan buah dan sayur ini juga dilakukan di desa Tegalsari, Kecamatan  Jetis dan desa Belang Kecamatan Bungkal.

Dengan kegiatan ini, harapan pemerintah daerah dengan adanya berbagai gerakan yang mengarah pada peningkatan status gizi dapat menekan angka stunting.

“Dimulai dengan gerakan Ketahanan Dapur yang memanfaatkan lahan pekarangan yang telah dicanangkan oleh Bupati Ponorogo Drs. Ipong Muchlissoni di desa Nglumpang Kecamatan Mlarak,” ujarnya.

Dikatakan, hasil produksi tanaman buah dan sayur yang berasal dari pekarangan sendiri tentunya akan lebih aman dan menyehatkan.

Dengan adanya serangkaian kegiatan tersebut yang saling terkait (Gerakan Ketahanan Dapur dan Gerakan Makan Buah dan Sayur).

“Harapan dari Pemerintah Kabupaten Ponorogo pemenuhan pangan dan gizi dapat dipenuhi dari hasil pekarangan sendiri dan dimanfaatkan untuk pemenuhan gizi terutama bagi anak – anak,” tukasnya. (mny).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here