Home Birokrasi Kembali Bernama Pasar Legi, Sekda : Nyonggo Langit Itu Berat

Kembali Bernama Pasar Legi, Sekda : Nyonggo Langit Itu Berat

0

PONOROGO – Pasar Songgolangit saat ini tengah dalam proses pembongkaran. Pasar yang pernah terbakar itu bakal dibangun lebih megah empat lantai.

Hal ini sesuai keterangan yang disampaikan Sekretaris Daerah Ponorogo Dr Drs Agus Pramono MM.

“Pasar Songgolangit nanti dibangun lantai 4,” ungkap Sekda saat sambutan di sela-sela pelantikan pengurus APSI Ponorogo, Rabu (30/1/2019) di Pendopo.

Agus-sapaan akrabnya, juga menyampaikan bahwa akan mengembalikan nama semula pasar Songgolangit.

Jika saat ini bernama Pasar Songgolangit, maka nantinya ketika sudah berdiri kembali bernama Pasar Legi. “Ya kembali menjadi Pasar Legi,” sebutnya.

Dikembalikannya nama Pasar Legi, kata Agus karena dinilai menurut orang jawa nama Songgolangit itu berat. Karena Songgolangit itu adalah menyangga langit.
“Nyonggo langit ki abot (menyangga langit itu berat-red),” ujarnya.

Selain mengembalikan nama, Pasar Legi nantinya bakal menampung semua pedagang. Baik yang selama ini sudah di Pasar Legi maupun pedagang pasar eks stasiun.

Oleh karena itu, pihaknya saat ini tengah fokus menata pasar eks stasiun. Dimulai dengan dipindah atau direlokasi di eks RSUD bersama pedagang lainnya.

Menurutnya, penataan ini penting karena pasar eks stasiun adalah salah satu penyebab Ponorogo tak mendapatkan adipura.

“Pasar ditata lebih bagus. Ponorogo sudah 3 tahun tidak pernah meraih adipura. Itu karena pasar kumuh, pasar banjir dan pasar yang bau,” tukasnya.

Sementara itu, saat ini di media sosial sudah beredar foto maket bangunan Pasar Legi. Dalam gambar itu tampak megah dengan dominasi cat warna hijau.

Selain itu, terlihat pasar legi memiliki area parkir yang luas dan tertata dengan apik. Belum diketahui apakah itu memang maket pasar legi. Tim redaksi belum mendapat konfirmasi. (sr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here