Home Headline SMK Swasta Festival Spektakuler, Bupati Siap Wadahi Produk SMK Swasta Ponorogo

SMK Swasta Festival Spektakuler, Bupati Siap Wadahi Produk SMK Swasta Ponorogo

0

PONOROGO, Media Ponorogo – Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Swasta Kabupaten Ponorogo punya gawe besar.

Menandai pengukuhan pengurus baru periode 2023/2025, menggelar ajang spektakuler bertajug SMK Swasta Ponorogo Festival.

Festival yang memamerkan produk atau karya unggulan anak-anak SMK Swata ini dibuka oleh Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, Kamis (2/2/2023) di PCC Mall.

Bupati Sugiri yang juga alumni SMK itu mengapresiasi kreatifitas SMK Swasta karena sudah terbukti kualitasnya.

“Applaush pantas diberikan kepada SMK Swasta yang berkolaborasi dengan dunia usaha dan industri besar melahirkan lulusan handal kompeten, cerdas dan berkarakter kuat,” ucapnya.

Orang nomor satu di Kota Reyog ini pun sempat mengunjungi seluruh stand dan membeli berbagai produk karya SMK Swasta.

“Saya ini alumni SMK. Maka mari bersama-sama kita kembangkan SMK Swasta,” tegasnya.

Sementara itu, Deky Susanto, ST Ketua MKKS SMK Swasta Ponorogo mengatakan, festival ini diikuti 26 SMK Swasta dari berbagai jurusan. Mulai kesehatan, teknologi, bisnis, kuliner hingga perhotelan. “Jadi SMK Swasta itu komplit,” sebutnya.

Diantara yang ikut pameran yakni, SMK PGRI 1 Ponorogo, SMK PGRI 2 Ponorogo, SMK PGRI Somoroto, SMK Pemkab, SMK Darul Istiqomah, SMK Sore Ponorogo, SMK Muhammadiyah 1 Ponorogo, SMK Muhamadiyah 2 Ponorogo, SMK Muhammadiyah Somoroto, dan SMK Muhammadiyah Jenangan.

Kemudian ada SMK Al Inabah, SMK BKM, SMK Bakti, SMK Pemda, SMK Pembangunan, SMK Wahid Hasyim, SMK Al Mawaddah, SMK BIM, SMK Brawijaya, SMK TI Indonesia Global, SMK Al Islam Joresan, SMK Darul Falah, SMK Ki Hajar Dewantara, SMK Darul Fikri, dan SMK Sunan Kalijaga.

Menurutnya, kegiatan ini dihelat dalam rangka mewadahi SMK Swasta yang punya kontribusi besar dalam mencerdaskan anak bangsa. “60 persen lulusan SMP/MTs bersekolah di SMK Swasta,” ungkapnya.

Gelaran yang berlangsung selama tiga hari, 2 sampai 4 Februari 2023 ini menjadi bukti bahwa SMK Swasta punya kualitas yang unggul.

“Bukti nyata hari ini festival dikunjungi Bupati Ponorogo dan mengelilingi semua stand. Mulai kesehatan, tekhnologi, produk UMKM, bisnis manajemen, sampai kuliner,” tandasnya.

Bahkan, Bupati Sugiri bakal mewadahi produk anak SMK itu dalam sebuah tempat yang bisa dikenal dan menarik minat masyarakat.

“Kang Bupati ingin produk SMK ini bisa memberikan kontribusi kebutuhan masyarakat Ponorogo sekitar,” tandasnya.

Menariknya, disela-sela kegiatan ini berlangsung pula perlombaan bagi siswa-siswi SMP/MTs.

Hari pertama ada lomba tartil alquran. Dilanjutkan hari kedua olah vocal. Sedangkan sebagai puncaknya, digelar lomba mobil legend pada saat penutupan.

“Antusias anak SMP/MTs luar biasa. Kami wadahi semua pengembangan bakat mereka,” ujarnya.

Deky mengaku bersyukur, agenda pertama MKKS Swasta yang dipimpinnya berjalan sukses dan diminati masyarakat.

“Suksesnya acara ini berkat dukungan teman-teman kepala sekolah SMK Swasta,” tandasnya.

Dijelaskannya, ajang ini digagas ketika dirinya baru dipilih menjadi nahkoda, yang bertekad agar SMK Swasta punya kelebihan. “Karena keberadaan SMK Swasta tak kalah dengan SMK Negeri di Ponorogo,” tegasnya.

Ia berharap, pameran pendidikan SMK Swasta ini bisa menjadi agenda tahunan. “Khususnya dalam rangka mewujudkan SMK Swasta yang menjadi rujukan masyarakat sebagai sekolah pilihan siswa SMP/MTs menuju jenjang yang lebih tinggi,” pungkasnya. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here