Home Headline The Best School In Indonesia, SMK PGRI 2 Ponorogo Terpilih Jadi National...

The Best School In Indonesia, SMK PGRI 2 Ponorogo Terpilih Jadi National Showcase SMK Binaan Astra Group

0

PONOROGO – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak bangga bukan kepalang atas capaian prestasi SMK PGRI 2 Ponorogo yang akhirnya menjadi the best school in Indonesia.

Pasalnya, setelah melalui persaingan dengan ribuan SMK se nusantara, SMK PGRI 2 Ponorogo menjadi juara 1 pilihan Astra Group, salah satu perusahaan terbesar di Indonesia.

Bahkan, atas capaiannya itu, SMK yang dipimpin Syamhudi Arifin itu dinobatkan oleh Astra Group sebagai National Showcase SMK Bisa.

Sebagai penandanya, Kamis (12/5/2022) berlangsung penandatangan MoU dan kick off national showcase SMK Bisa tersebut.

Istimewanya, penandatanganan kerjasama itu dihadiri dan disaksikan langsung Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, Triyanto Head Social Engagement Astra, Wikan Sakarinto, ST, M.Sc, Ph.D Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim.

“Kami atas nama Pemprov Jatim mengucapkan selamat kepada SMK PGRI 2 Ponorogo dan Bupati Ponorogo selaku sohibul bait atas keberhasilan di dalam program seleksi SMK National Showcase, SMK percontohan nasional yang akan mendapat binaan secara intensif dari salah satu perusahaan terbesar di Indonesia Astra Group,” ungkap Wagub Emil Elestianto Dardak.

Emil mengapresiasi atas perjuangan SMK PGRI 2 Ponorogo yang turut mampu mengharumkan nama Jawa Timur.

“Astra Group memang tidak salah memilih SMK PGRI 2 Ponorogo karena sekolah ini memang paling aktif,” ungkapnya.

Emil optimis dengan diterapkannya national Showcase SMK Bisa ini bakal meningkatkan kualitas lulusan SMK.

“Tadi saya melihat langsung virtual reality contoh pembelajaran konprehensif dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan dunia industri saat ini,” ucapnya.

Ia berharap, program yang mendapat dukungan luar biasa Dirjen Vokasi Kemendikbud Ristek ini bisa membawa kemajuan pendidikan vokasi di Jatim.

“Kami berharap, kemajuan SMK PGRI 2 Ponorogo ini bisa direplikasi di SMK lain,” tandasnya.

Triyanto Head Social Engagement Astra menjelaskan, terpilihnya SMK PGRI 2 Ponorogo sebagai national showcase SMK Bisa bukan secara kebetulan.

Namun sudah melalui seleksi dan proses yang panjang. Sebab, sebelumnya Sterida bersaing dengan setidaknya 3320 SMK se Indonesia. Kemudian terseleksi menjadi 1200 SMK, lalu diverifikasi menjadi 137 SMK.

Selanjutnya masuk 15 nominator dan akhirnya menjadi yang terbaik National Showcase SMK Bisa.

“Astra Group akan mendampingi SMK PGRI 2 Ponorogo agar sekolah ini menjadi vokasi unggulan sesuai yang dicita-citakan bersama melalui national showcase SMK Bisa,” tandasnya.

Hebatnya lagi, melengkapi prestasi ini, SMK PGRI 2 Ponorogo juga masuk sebagai SMK Pusat Keunggulan.

Hal ini sebagaimana disampaikan Wikan Sakarinto, ST, M.Sc, Ph.D Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek.

“Berkat sentuhan national showcase SMK Bisa dengan platformnya yang kuat, SMK PGRI 2 Ponorogo tahun ini resmi ditunjuk menjadi salah satu dari 1000 SMK Pusat Keunggulan. Selamat,” ucapnya.

Dengan menjadi SMK PK, maka SMK PGRI 2 Ponorogo bakal menerapkan kurikulum baru merdeka belajar. “Kurikulum yang lebih fleksibel, adaptif dan sesuai yang diinginkan industri,” pungkasnya. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here