Home Daerah Jelang Mudik Lebaran, Petugas Terminal Seloaji Ponorogo Lakukan Ram Cek

Jelang Mudik Lebaran, Petugas Terminal Seloaji Ponorogo Lakukan Ram Cek

0

PONOROGO – Petugas Terminal Seloaji Ponorogo, melakukan pemeriksaan fisik atau Pengecekan surat (ram Cek) kesejumlah armada bus menjelang lebaran tahun ini.

Pengechekan dilakukan pada bus yang akan berangkat, terutama yang antar kota antar provinsi, meliputi unsur dokumen kendaraan dan unsur teknis atau kondisi armada itu sendiri.

“Kita cek semua, dari mulai kondisi bus, dan surat-surat atau dokumen sesui dan kendaraan layak untuk diberangkatkan,” kata Kepala Terminal Tipe A Seloaji, Eko Hadi Prasetyo, Selasa (19/4/2022).

Eko menyebut untuk saat ini, hasil temuannya ada satu dua kendaraan bus yang menyimpang. Namun, bukan dari unsur teknis kendaraan, melainkan hanya administrasi dari dokumen kendaraan. Dia mencontohkan penyimpangan trayek. Untuk masalah ini, Eko masih memberikan toleransi, jika ada kendaraan masuk ke terminal untuk menurunkan penumpang.

“Meski trayeknya menyimpang, kalau ada kendaraan bus yang masuk terminal untuk menurunkan penumpang masih ditoleransi. Namun, untuk keberangkatan menaikan penumpang, maka tidak akan diizinkan,” jelasnya.

Masih menurut Eko, bahwa pengechekan ini sebenarnya rutin dilakukan, cuma disaat mendekati lebaran ini, kita lebih intensifkan lagi.

“Keselamatan penumpang adalah lebih utama, selain permasalahan yang lain, jadi kenapa kita selalu lakukan Ram Check, pada semua armada bus yang masuk dan meninggalkan terminal,” terang Eko.

Selain pengechekan kondisi armada, kita juga chek pada para penumpang, terlebih dalam hal aturan pandemi Covid 19.

“Semua penumpang harus melakukan scan aplikasi Peduli Lindungi, guna memastikan mereka sudah tervaksin, serta pemeriksaan kesehatan lainnya,” pungkasnya. (mny).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here