Home Budaya Cegah Penularan DBD, Pemuda Orteja Dukuh Tengah Desa Karanglo Kidul, Jambon, Lakukan...

Cegah Penularan DBD, Pemuda Orteja Dukuh Tengah Desa Karanglo Kidul, Jambon, Lakukan Fogging

0

PONOROGO – Pemuda Orteja Dusun Tengah Desa Karanglo Kidul Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo gencar lakukan fogging untuk pencegahan penyebaran nyamuk demam berdarah, Minggu, (23/01/2022) di tiga RT Dusun Tengah.

Giat bhakti sosial yang dilakukan oleh pemuda Orteja ini adalah serangkaian upaya pencegahan penyebaran nyamuk Aedes Aegypti yang saat ini mulai menyerang di beberapa wilayah Kecamatan Jambon khususnya.

Sebelumnya, hari Sabtu  (22/01/2022) kemarin juga dilaksanakan kerja bhakti bersih-bersih di lingkungan sekitar dengan penekanan pada penerapan 3M untuk mencegah perkembang biakan nyamuk. Dan selanjutnya di lakukan fogging agar hasilnya maksimal.

Saiful, koordinator kegiatan fogging mengatakan, selain memang anjuran dari pemerintah desa, kita sebenarnya sudah punya rencana untuk fogging.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, kita berinisiatif melakukan fogging agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Sasaran fogging kali ini yaitu rumah warga dan juga fasilitas umum seperti sekolahan, masjid/mushola.

“Alhamdulillah, kita bisa melaksanakan penyemprotan fogging rumah-rumah warga, sekolah dan mushola berkat dukungan dari semua warga dan para pemuda,” jelasnya.

Saiful menambahkan, kendala yang dihadapi pemuda Orteja saat melakukan fogging seperti saat ini yaitu minimnya alat. Alat fogging yang digunakan ini hanya satu, sedangkan wilayah yang harus di fogging cukup luas, sehingga pengasapannya harus bertahap.

“Kita menyewa alat dari desa sebelah yang memang sudah menjadi partner kita. Dan untuk biaya sewa, kita mengenakan tarif sebesar 10.000 rupiah per-rumah. Uang tersebut juga untuk membeli keperluan yang dibutuhkan, seperti obat untuk fogging, solar untuk campuran obat dan juga pertamax sebagai bahan bakar mesin fogging tersebut,” terang Saiful.

Semoga tahun depan kita sudah memiliki alat fogging sendiri.

“Untuk kegiatan hari ini saja, kita harus menunggu alat longgar dahulu, karena alatnya terbatas dan yang membutuhkan alat fogging ini juga banyak,” pungkasnya. (mny/fuad).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here