Home Daerah Polres Ponorogo Siapkan 63 Desa Tangguh, Hadapi Pandemi Covid-19

Polres Ponorogo Siapkan 63 Desa Tangguh, Hadapi Pandemi Covid-19

0

PONOROGO – Polres Ponorogo menyiapkan 63 desa tangguh bencana dalam rangka upaya penanggulangan mewabahnya bencana Pandemi COVID-19.

Rencana pembentukan puluhan desa tangguh bencana ini disampaikan Kapolres Ponorogo AKBP Arief Fitrianto, Senin (25/05/2020).

“Jadi ini merupakan wujud membentuk kesadaran masyarakat untuk kesiapsiagaan baik dari sisi logistik, tempat isolasi, petugas pemakaman, satgas yang bisa kita arahkan untuk membuat desa tangguh yang terorgainisir dan siap digerakan kapan saja,”ucap Kapolres Ponorogo AKBP Arief Fitrianto.

Disebutkan Kapolres, pihaknya saat ini telah membentuk desa tangguh sekitar limapuluh persen dari target sejumlah 63 desa, dimana yang menjadi prioritas adalah desa yang sudah berstatus zona merah.

“Target kita 63 desa, dan kurang lebih sudah lima puluh persen sudah terbentuk. Ini terus kita kembangkan agar program ini bisa ditiru di seluruh desa. Kita upayakan seluruh desa di Ponorogo menjadi desa yang tangguh terhadap penanggulangan bencana ini,” terang Kapolres.

Dikatakan AKBP Arief, rencana ke depan akan dibentuk desa tangguh di setiap Kecamatan se Kabupaten Ponorogo.

“Kita utamakan yang kita jadikan pilod project yaitu desa yang sudah berstatus zona merah, dimana di daerah tersebut ada yang terkonfirmasi positif, sehingga kita berikan penyuluhan agar mereka tersadar bisa membentuk desa tangguh tersebut,” tuturnya.

Lebih lanjut dijelaskan Kapolres, dengan dibentuknya desa tangguh ini, diharapkan masyarakat selalu siap sedia dan bisa secara daya membentuk kesiapsiagaan dari sisi logistik, tempat isolasi dan lain lain.

“Mereka sanggup mengadakan dan mendukung, sehingga bisa mengeliminir terjadinya penyebaran COVID-19 di Ponorogo,” tegas Kapolres.

“Dari enampuluh tiga desa tangguh rencana ini nanti minimal setiap Kecamatan akan terbentuk tiga desa tangguh termasuk desa yang sudah menjadi zona merah,” pungkasnya. (mny).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here