Home Daerah Diduga Konsleting Listrik, Ruang Penghisap abu Gabah Gilingan Padi Terbakar

Diduga Konsleting Listrik, Ruang Penghisap abu Gabah Gilingan Padi Terbakar

0

SUMOROTO – Diduga konsleting listrik, ruang mesin daskolektor atau ruang penghisap abu gabah hasil penggilangan di dukuh Tamanan Desa Kauman Kecamatan Kauman Ponorogo terbakar, Sabtu (9/05/2020) pukul 14.30 wib.

Kapolsek Sumoroto Kompol. Nyoto, S.H, saat dikonfirmasi awak media membenarkan adanya kejadian kebakaran ruang mesin penghisap abu gabah hasil penggilingan padi dengan TKP penggilingan padi CV. Elang Perkasa milik Arifin Ibo Kuswanto (47 thn) Rt 03/Rw 02 Dukuh Tamanan Desa/ Kec. Kauman Kab. Ponorogo.

“Indikasi penyebab kejadian kebakaran akibat adanya konsleting listrik sehingga membakar alat Daskolektor yang berimbas membakar (kulit padi) dan padi kering,” terangnya.

Kronologis dalam kejadian tersebut lanjut Kompol. Nyoto, sekira pukul 14.30 Wib sewaktu  Nur Rokhim (41 thn) saksi bertugas sebagai Operator mesin selep penggilingan padi milik korban mengetahui ada api pada mesin Daskolektor.

Sehingga memutuskan untuk mematikan semua aliran listrik secara manual dan selanjutnya menyalakan mesin Genset untuk menyalakan jet pam dengan tujuan memadamkan api.

Melihat kejadian tersebut saksi yang lain melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Somoroto.

“Kemudian Petugas Polsek Somoroto datang dan memutuskan untuk menghubungi PMK (Pemadam Kebakaran) dan BPBD Kab. Ponorogo,” jelasnya.

Pukul 17.00 Wib api berhasil dipadamkan dengan 3 mobil tangki berisi air (2 mobil PMK dan 1 mobil BPBD).

“Korban jiwa dalam kejadian tersebut nihil dan kermat sekitar +_ Rp 15.000.000,- ditambah padi yang masih basah (belum ditimbang) karena basah oleh air yang digunakan untuk memadamkan api,” pungkasnya. (mny).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here