Home Headline Warga Duwet Utara Ini Jimpitan Gabah Peduli Covid-19

Warga Duwet Utara Ini Jimpitan Gabah Peduli Covid-19

0

BUNGKAL – Disela-sela menjalani puasa Ramadhan, puluhan pemuda yang tergabung dalam Generasi Muda Duwet Utara (Gema Dua), Dukuh Duwet, Desa Bancar, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo melakukan jimpitan gabah keliling rumah warga yang ada di wilayah tersebut, Minggu (26/4/2020).

Informasi dari  Rizky salah satu pengurus Gema Dua, setiap Kepala Keluarga (KK)  yang tergolong mampu dibebani atau diwajibkan membayar gabah sebanyak 5 Kg atau bisa dibayar dengan uang tunai setara gabah kering 5 Kg. “Ini adalah kegiatan rutin setahun sekali saat musim panen padi pertama,” terang Rizky.

Dari gabah yang sudah terkumpul nantinya menurut Rizky dijual dan uangnya digunakan untuk kegiatan sosial. “Diantaranya untuk membantu warga saat ada yang meninggal dunia, pencegahan kejadian luar biasa seperti mewabahnya demam berdarah maupun covid-19 atau corona serta aksi sosial lainnya di Duwet Utara,” paparnya.

Selain itu dia mengungkapkan, ada kegiatan lainya yang rutin dilaksanakan oleh Gema Dua yaitu jimpitan uang melalui kaleng bekas tiap rumah warga yang dikutip atau diambil tiap malam Jumat. “Uang yang terkumpul untuk memberi santunan bagi warga yang sedang opname di Puskesmas atau Rumah Sakit,” tambahnya.

Masih menurutnya, besaran uang tidak ditentukan nominalnya atau seikhlasnya. “Kegiatan ini merupakan aksi sosial kepedulian masyarakat di Duwet Utara,” jelasnya. (lis/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here