Home Budaya Cegah Covid-19, Karangtaruna & Pemuda Desa Jonggol, Jambon Kompak Lakukan Penyemprotan Disinfektan...

Cegah Covid-19, Karangtaruna & Pemuda Desa Jonggol, Jambon Kompak Lakukan Penyemprotan Disinfektan Rumah Warga

0

PONOROGO – Semangat melawan virus corona atau covid-19 kini tidak hanya menjadi perhatian khusus Pemerintah.

Faktanya, kelompok pemuda dan karangtaruna desa Jonggol Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo ini kompak bergerak secara swadaya melakukan upaya pencegahan terhadap penyebaran virus corona covid-19, Minggu (29/03/2020).

Tiga kelompok tersebut yakni REMAL (Remaja Mandiri Agawe Luhur), IPJT (Ikatan Pemuda Jonggol Timur) dan Catur manunggal, dengan pendampingan dari Pemerintah Desa Jonggol, Bidan desa (Polindes) Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Poskesdes rt/rw.

Selain itu, juga dilakukan sosialisasi cara cuci tangan yang benar serta mendirikan tempat cuci tangan didepan rumah.

Kasan salah satu pengurus karang taruna mengungkapkan, kegiatan serentak dalam rangka ikut peduli terhadap pencegahan virus korona covid-19 di wilayah Desanya.

“Hari ini kami pemuda karang taruna dan kelompok pemuda di desanya melakukan penyemprotan disinfektan kerumah-rumah warga. Sumber anggaran dari swadaya masyarakat,” ujarnya.

Kasan juga menjelaskan, semua tempat ibadah, tempat umum dan ratusan rumah semua disemprot disfektan.

“Dari remal ada 85 rumah, dari IPJT ada 200 rumah dan dari catur manunggal sejumlah 130 rumah. Selain tempat ibadah, cangkruk dan tempat umum lainnya,” katanya.

Dikatakan, menariknya cairan tersebut diracik sendiri oleh warga menggunakan bahan yang mudah didapatkan di toko atau warung sembako.

“Jenis obat yang Kita gunakan, dari pencampuran baicleen dan vipol. Kemudian dari bahan benzalvet-10, untuk handzanitizer menggunakan bahan herbal rebusan daun sirih dan jeruk nipis. Dibagikan ke 80 warga,” terangnya.

Harapannya, semoga pemerintah Desa jonggol bisa membantu penyediaan bahan obat, masker. Karena saat ini pihaknya, belum bisa mengkover seluruh warga.

Sementara itu Kepala Desa Jonggol Supriyadi, S.Sos saat dikonfirmasi mengungkapkan, pemerintah desa sangat mendukung kegiatan penyemprotan disinfektan yang dilakukan pemuda karangtaruna dan kelompok organisasi lingkungan yang lain.

“Pihaknya memberikan apresiasi atas inisiatif mereka, dimana hari ini mengadakan giat penyemprotan dilingkunganya, rumah warga. Ini dilakukan, untuk antisipasi agar virus corona tidak masuk dilingkungannya,” katanya.

Dia juga menjelaskan, pemerintah desa bersama bidan desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa ikut didalamnya mendampingi kegiatan penyemprotan disinfektan.

“Harapannya dengan kegiatan ini bisa diterima masyarakat. Dan pihaknya bersama bidan desa juga mengarahkan apa saja yang benar saat melakukan penyemprotan. Seperti tempat-tempat yang sering kali dipegang, dan dilalui orang,” tambahnya.

Selain itu kata Supriyadi, pihak desa akan membantu menyediakan masker dan obat untuk tambahan penyemprotan disinfektan agar bisa menyentuh semua rumah warga desa Jonggol. (mny).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here