Home Budaya HOREE.., Pembayar PBB Tepat Waktu Diganjar Hadiah, Desa Tatung, Balong

HOREE.., Pembayar PBB Tepat Waktu Diganjar Hadiah, Desa Tatung, Balong

0

PONOROGO – Berbagai cara ditempuh sejumlah desa untuk mempercepat pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) warganya.

Seperti dilakukan Pemerintah Desa Tatung Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo, mereka bahkan sengaja memberikan apresiasi kepada warganya yang mau membayar pajak tepat waktu dan sesuai aturan.

Semua wajib pajak akan mendapatkan hadiah langsung berupa peralatan rumah tangga seperti, baskom, gelas, ceret, bak, panci, payung, teko dan lainya.

Dijelaskan Kepala Desa Tatung, Rudi Sugiarto, SE, bahwa inovasi tersebut diharapkan bisa menjadi stimulan bagi warganya agar terbiasa membayar pajak tepat waktu.

“Tahun ini mereka yang bayar pajak PBB lunas sebelum tanggal 30 April 2020, semua wajib pajak mendapatkan hadiah langsung,” ujarnya di kantor balai desa Tatung, Jum”at (27/03/2020).

Menurutnya, semua ini kita lakukan untuk memacu masyarakat agar tertib bayar pajak, kita mengadakan undian langsung berhadiah.

“Diundi langsung, pulang pasti mendapatkan hadiah,” jelasnya.

Rudi juga menjelaskan kalau tahun kemarin pihaknya memberikan hadiah kepada wajib pajak dengan cara diundi, sekarang tahun 2020 diganti, semua wajib pajak akan mendapatkan hadiah langsung tanpa diundi.

“Tahun kemarin, kita siapkan hadiah utama 2 sepeda motor dan puluhan hadiah lainnya. Tahun ini kita rubah semua wajib pajak langsung mendapatkan hadiah. Bayar lunas sampai bulan April, pulang bawa hadiah,” terangnya.

Harapannya, dengan program semua wajib pajak dapat hadiah pada bulan April 2020  sudah lunas PBB. Sehingga pemerintah Desa Tatung bisa bekerja lebih eksis dan tidak terbebani dengan pajak.

Rudi juga menambahkan, desa Tatung tahun ini jumlah total PBB sekitar Rp. 101 juta, dan setiap tahun bisa lunas sesuai dengan harapan pemerintah Desa Tatung.

Tempat pembagian wajib pajak berhadiah langsung tahun dibagi menjadi 4 lokasi, di Kantor Balai Desa Tatung, dirumah Kasun Tatung Lor, Tatung Tengah dan Tatung Kidul.

Sementara, Pak Kusmin salah satu wajib pajak yang hari ini datang ke kantor Desa Tatung, mengungkapkan senang dengan program lunas bayar pajak PBB dapat hadiah langsung.

“Alkhamdulillah, niki wau angsal teko. Kulo remen sanget, tambah semangat mbayar pajek,” kata mbah Kusmin dengan logat jawanya. (mny).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here