Home Daerah Kesadaran & Ihklas, Selamat Datang Pokdarkamtibmas Sub Sektor Temon – Sawoo

Kesadaran & Ihklas, Selamat Datang Pokdarkamtibmas Sub Sektor Temon – Sawoo

0

PONOROGO – Luas wilayah Kecamatan Sawoo mencapai 124.700 Km² dengan jumlah penduduk kurang lebih hampir 64.000 jiwa tersebar di 14 desa.

Merupakan wilayah yang cukup luas, bisa dibayangkan dalam hal keamanan dan ketertiban dengan perbandingan jumlah personil Kepolisian di Polsek Sawoo yang hanya sekitar 23 personil.

Sangatlah timpang dengan jumlah penduduk. Namun dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, Polsek Sawoo dibantu dengan kehadiran kelompok-kelompok masyarakat yang bersinergi dalam hal keamanan dan ketertiban.

Salah satunya adalah keberadaan Pokdarkamtibmas atau Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat sektor Sawoo.

Pokdarkamtibmas Sawoo adalah sebuah Kelompok Masyarakat yang selain berkecimpung dalam bidang keamanan dan ketertiban, juga dalam bidang sosial kemasyarakatan dan tanggap bencana diwilayah kecamatan Sawoo.

Keberadaan Pokdarkamtibmas sektor Sawoo sendiri berada dalam pembinaan Unit Binmas Polsek Sawoo.

Dalam perkembangannya, kelompok masyarakat ini telah membantu tugas tugas kepolisian khususnya di wilayah kecamatan Sawoo.

Dalam 7 tahun berdirinya pun, anggota Pokmas ini juga telah bertambah seiring kesadaran yang semakin tinggi dari masyarakat tentang kamtibmas.

Yang terbaru adalah penambahan personil Pokdarkamtibmas sub sektor Temon sejumlah 21 personil pada awal September tahun lalu.

Hal ini melengkapi jumlah keseluruhan Pokdarkamtibmas sektor Sawoo menjadi 60 personil aktif yang tersebar di beberapa desa di wilayah kecamatan Sawoo.

Bhabinkamtibmas Desa Temon Bripda Riky AP. yang hadir bersama Babinsa Temon Serda Sugiono saat pembagian Kaporlap Pokdarkamtibmas sub sektor Temon, Selasa (3/3/2020) mengatakan bahwa kontribusi anggota baru telah menanti didepan mata seiring dengan dilengkapinya Kaporlap Pokdarkamtibmas.

“Menjadi anggota Pokdarkamtibmas itu niatan pertamanya harus ikhlas, karena akan banyak aksi sosial kemasyarakatannya. Jangan berharap imbalan walau berupa pujian, terlebih materi kalau menjadi seorang Pokdarkamtibmas. Yang ada pasti tersita waktunya, tenaganya bahkan bisa juga materi. Namun yakin, jika didasari dengan kesadaran dan keikhlasan, insyaallah menjadi amal kebaikan saudara semua, yakin.” kata Bripda Riky.

Pada kesempatan tersebut, Bripda Riky juga berpesan kepada anggota baru agar aktif mengikuti perkembangan Kamtibmas khususnya diwilayah kecamatan Sawoo.

“Bersinergi dengan kepolisian dalam hal ini Polsek Sawoo dan unsur-unsur lainnya, dalam menciptakan ketertiban dan keamanan di masyarakat. Karena Pokdarkamtibmas adalah kelompok masyarakat yang memiliki kesadaran lebih tinggi dari masyarakat lainnya terkait ketertiban dan keamanan”, pungkas Bripda Riky. (mny).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here