Home Budaya Polres Ponorogo, Gelar Safari Reyog Kamtibmas di Desa Wonoketro, Jetis

Polres Ponorogo, Gelar Safari Reyog Kamtibmas di Desa Wonoketro, Jetis

104
0

PONOROGO – Polres Ponorogo rutin satu minggu sekali menghelar Safari Reyog Kamtibmas dengan tujuan untuk menjalin tali silaturahmi antara Polres Ponorogo dengan masyarakat Kabupaten Ponorogo.

Selain itu, kegiatan Safari Reyog  sebagai langkah Polres Ponorogo untuk mengetahui permasalahan – permasalahan ditengah masyarakat serta menjaga Situasi Kamtibmas wilayah Ponorogo yang aman dan kondusif.

Seperti hari ini Rabu, (09 Oktober 2019) pkl.14.00 s/d 16.00, diadakan kegiatan Safari Reog Kamtibmas di Griya Keluarga Desa Wonoketro Kecamatan Jetis, Ponorogo yang dihadiri 150 orang.

Hadir dalam giat safari Reyog Kamtibmas,
Kapolres Ponorogo AKBP Arief Fitrianto,, S.H. S.I.K, M.M, Kabagren Polres Ponorogo Kompol Eko Condro W, S.H., Kabag Ops Polres Ponorogo Kompol Basuki Nugroho, S.Sos, Kasat Binmas Polres Ponorogo AKP Bambang Rulianto S. Sos., Kasat Intelkam Polres Ponorogo AKP Susworo besert Ponorogo, Camat Jetis Drs. Heru Budi Santoso, M.Si, Danramil Jetis Kapten Kav Abdul Kohar, Kapolsek Jetis AKP Suwito, S.H, M.H, Kepala Desa Wonoketro Imam Nurdin, S.Ag, Kepala Desa se Kec. Jetis dan undangan lainnya.

Penyambutan kedatangan rombongan Kapolres dan jajarannya dengan kesenian Reyog Simo Kerto.

Camat Jetis Drs. Heru Budi Santoso,  M.Si dalam sambutannya menyampaikan ucapkan terimakasih atas kedatangan team safari reyog Kamtibmas Polres Ponorogo di Kec. Jetis.

“Terimakasih atas kehadiran rombongan Polres Ponorogo yang disertai unit pelayanan masyarakat, sehingga memudahkan masyarakat dalam pelayanan Kepolisian,” ujarnya.

Selain itu lanjut Heru,  program Kab. Ponorogo setiap tanggal 11 dilaksanakan pentas reyog di seluruh desa di wil Kab. Ponorogo, semua untuk melestarikan budaya Kab. Ponorogo.

“Dilaporkan, situasi Kamtibmas di wilayah Kec. Jetis aman dan kondusif serta diharapkan sinergitas kerjasama lintas sektoral di wil Kecamatan Jetis,” ungkapnya.

Sementara Kapolres Ponorogo AKBP Arief Fitrianto, S.H. S.I.K, M.M menyampaikan
perkenalan diri sebagai Kapolres Ponorogo yang baru.

“Kegiatan safari Kamtibmas hari ini harapanya tali silatutahmi bisa terjalin sehingga hubungan TNI Polri dan masyarakat bisa terjalin dengan baik,” tuturnya.

Kapolres juga mengatakan, situasi kamtibmas saat ini diharapkan bisa disikapi dengan bijak, berita yang bersifat menghasut harap di telaah dulu jangan di telan mentah2 apa lagi di share.

“Tanggal 20 Oktober 2019 ada pelantikan Presiden dan Wapres terpilih, diharapkan bisa menjaga kamtibmas,” ujarnya.

Selain itu musim kemarau panjang rawan terjadi Karhutla maupun kebakaran rumah yang diakibatkan kelalaian manusia, diharapkan masyarakat bisa lebih berwaspada.

Pun, tingginya angka laka lantas diharapkan masyarakat bisa mematuhi segala peraturan lalu lintas, mengedepankan toleransi dalam berlalu lintas.

“Diharapkan anak2 belum cukup umur hendaknya orang tua melarang anaknya untuk mengendarai kendaraan bermotor demi keselamatan bersama,” katanya.

Dikatakan, saat ini  situasi aman di Kab. Ponorogo merupakan peran semua pihak, diharapkan semua pihak bisa mempertahankan situasi di wilayah kab. Ponorogo agar tetap kondusif.

Senada, Kasat Reskrim AKP. Maryoko mengungkapkan,  terkait kebakaran hutan dan lahan terjadi akibat faktor alam dan manusia, faktor manusi sengaja dan tidak sengaja.

“Untuk kejadian kesengajaan maupun kelalaian yang mengakibatkan kebakaran bisa di pidana,” ucapnya.

Selain itu, ada beberapa modus kejahatan groming /menampilkan diri atau pornografi.

“Maraknya penipuan dengan modus koperasi simpan pinjam secara online maupun pemberian hadiah, hendaknya masyarakat lebih waspada,” terangnya.

Dalam giat safari Kamtibmas juga dilaksanakan pelayanan masyarakat SKCK on line dan Samsat On line.

Juga dilakukan penyerahan sarana kontak kepada masyarakat Desa Wonoketro Kecamatan Jetis dan FKPSB Kec. Jetis berupa lampu senter sebanyak 10 buah. (mny).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here