Home Headline Baksos, Iropin Karesidenan Madiun Periksa Mata & Pembagian Kacamata Gratis

Baksos, Iropin Karesidenan Madiun Periksa Mata & Pembagian Kacamata Gratis

137
0

PONOROGO – Ikatan Refraksionis Optisien Indonesia (Iropin) Karesidenan Madiun bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Ponorogo menggelar Bakti Sosial.

Baksos digelar di SMPN 2 Sambit dengan melakukan pemeriksaan mendeteksi gangguan penglihatan dan pemberian kaca mata gratis, Kamis (3/10/2019).

Ketua Iropin Karesidenan Madiun Narsiti mengatakan baksos ini digelar dalam rangka Hari Penglihatan Se Dunia Tanggal 10 Oktober sekaligus Hari Kesehatan Nasional Tanggal 12 Nopember 2019.

Menurutnya, kegiatan baksos ini rutin digelar Iropin sebagai organisasi yang konsen bergerak di bidang refraksi optisi. Yaitu kelainan penglihatan yang bisa dibantu dengan kacamata.

Dipilihnya pelajar di wilayah kecamatan Sambit, kata Narsiti berdasarkan petunjuk dari Dinkes Ponorogo.

SMP ini berada di tempat terpencil yang kemungkinan jarang ada pemeriksaan mata. Ditambah lagi, Puskesmas Sambit unggulannya di bidang mata.

Adanya baksos yang beda dari biasanya ini disambut antusias pelajar di wilayah Sambit. Tidak hanya SMPN 2 Sambit, kegiatan juga diikuti pelajar SMPN 1 Sambit.

Terbukti ada 402 peserta yang memeriksakan matanya secara cuma-cuma. Rinciannya, SMPN 2 Sambit 355 dan SMPN 1 Sambit 22 serta guru, karyawan, puskesmas dan dinkes sekitar 25 orang.

Sedangkan untuk yang mendapat kacamata gratis sejumlah 88 orang. Terdiri dari SMPN 2 Sambit 54, SMPN 1 Sambit 15, guru dan lain-lain 19.

Suksesnya baksos, ini kata Narsiti juga didukung anggota dan donatur yang memang peduli kesehatan mata. Termasuk Optik Se Karesidenan Madiun.

Pihaknya berharap, kegiatan mulia ini bakal terus diagendakan setiap tahunnya. “Semoga kedepan bisa digelar kembali dengan kualitas dan kuantitas yang meningkat,” pungkasnya. (as)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here