Home Daerah Wakil Bupati Ponorogo jadi Irup Upacara Pembukaan TMMD ke 106 TA 2019...

Wakil Bupati Ponorogo jadi Irup Upacara Pembukaan TMMD ke 106 TA 2019 di Kec Sooko 

0

PONOROGO – Wakil Bupati Ponorogo Dr. Drs. H. Soedjarno, M.M, menjadi irup dalam dalam rangka upacara pembukaan TMMD ke 106 tahun 2019, Rabu (2/10/2019) pukul 08.15 wib di wilayah Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo.

TMMD ke 106 mengambil tema, Melalui TMMD kita wujudkan percepatan pembangunan untuk kesejahteraan rakyat, dengan penanggungjawab kegiatan Komandan Kodim 0802/Ponorogo Letkol Inf Sigit Sugiharto.

Hadir dalam giat tersebut, Danrem 081/Dsj Kolonel Inf Masduki, S.E, M.Si, Staf Ahli Pangdam Kolonel Inf Lilik, LO Kodam V/Brw Kolonel Tek Sapta, Bakorwil Madiun diwakili oleh Kasi Pemerintahan Drs. Samsul, Wakil Bupati Drs. H. Soedjarno, M.M., Dandim 0802/Ponorogo Letkol Inf Sigit Sugiharto, Dandim 0806/Trenggalek Letkol Inf Dodik Nofrianto, Dandim 0807/Tulung Agung Letkol Inf Wildan, Dandim 0808/Blitar Letkol Inf Krisbianto
Letkol Cba Y. Rosida, Dandim 0810/Nganjuk Letkol Kav Joko Wibowo, Kapolres Ponorogo AKBP Arief Fitriyanto, S.H.,S.I.K.,M.M., Kasi Pers Rem 081/Dsj Letkol Arm Kabul, Kasiter Rem 081/Dsj Letkol Inf Khamim, Perwakilan dari Dilmil Madiun Letkol Sus (K) Shinta, Staf Ahli Bupati Drs. Bambang S, Kabag Progar Lanud Iswahyudi Madiun Letkol Adm M Teguh, Kabin Potdirga Lanud Iswahyudi Madiun Letkol POM Wahyudi, Wakil Ketua DPRD Kab. Ponorogo Anik Suharto, S.Sos, Pa Staf dan Danramil jajaran Kodim 0802/Ponorogo, Kapolsek jajaran Polres Ponorogo, Perwakilan Camat se-Kab. Ponorogo, Kades se Kec. Sooko,Tokoh Agama, Ketua Ormas, dan masyarakat undangan.

Upacara diikuti, 2 SST Anggota Kodim 0802/Ponorogo, 2 SST Anggota Polres Ponorogo, 3 SST satgas BKO, 1 Ton Korsik,  1 SST Mahasiswa dan Pelajar,  1 SST Menwa, 1 SST Toga/Tomas, 1 Regu Pramuka dan 1 SST Dishub dan Korpri.

 

Sebelumnya Wakil Bupati beserta rombongan menerima paparan dari Dan Satgas TMMD di tempat Transit, bahwasannya kegiatan TMMD ke 106 tahun 2019 di Wil Kec Sooko -+ selama 30 hari TMT 2 s.d 31 Oktober 2019 dengan menggunakan anggaran total -+ Rp 1. 303.900.000,-

Adapun sas fisik TMMD meliputi rabat jalan, bedah rumah, Rehab Masjid dan Nelayan Air Darat dengan perbantuan tenaga Personel BKO diluar Anggota Kodim 0802/Ponorogo serta melibatkan komponen masyarakat

Danrem 081/Dsj Kolonel Inf. Masduki, S.E, M.Si mengungkapkan dan mengajak kepada para anggota untuk mempersiapkan pendidikan anak dengan memiliki kesibukan yang positif diluar tugas pokok sehingga menghadapi pendidikan anak kejenjang yang lebih tinggi dapat teratasi.

“Pengerjaan TMMD ini merupakan salah satu upaya Pertahanan dengan pembangunan fisik infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat untuk mendongkrak perekonomian masyarakat,” ungkapnya.

Usai mendapatkan pemaparan Wakil Bupati beserta rombongan menuju lap Up Desa Sooko disambut kesenian Reog Ponorogo

 

Dilanjutkan penyerahan Proyek TMMD ke 106 tahun 2019 dari Pemkab Ponorogo ke Kodim 0802/Ponorogo. Dilanjutkan, Penyerahan alat kerja oleh Inspektur Up kepada perwakilan pekerja.

Wakil Bupati Ponorogo Soedjarno dalam sambutannya, sekaligus pernyataan resmi pembukaan TMMD ke 106 tahun 2019, Upacara Pembukaan TMMD ke – 106 tahun 2019 dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia pada Hari Rabu tanggal 2 Oktober 2019 dan pelaksanaan TMMD dilaksanakan sampai dengan 31 Oktober 2019  (30 hari).

“Untuk Provinsi Jawa Timur dilaksanakan di 5 (lima) daerah lokasi sasaran (Kabupaten Ponorogo, Jombang, Malang, Pasuruan dan Sidoarjo),” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan, Tema TMMD ke – 106 tahun 2019 yaitu “Melalui TMMD Kita Wujudkan Percepatan Pembangunan Untuk Kesejahteraan Rakyat”.

“Tema ini selaras dengan tema pembangunan pemerintah baik pusat maupun daerah yaitu untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat,” terangnya.

Dikatakan, TMMD dalam sejarah pelaksanaannya  merupakan bentuk pengejawantahan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Oleh karena TNI tidak bisa dipisahkan dengan rakyat, sejarah panjang kemanunggalan ini sudah dimulai sejak jaman perjuangan meraih kemerdekaan hingga saat ini.

“Kemanunggalan TNI dengan rakyat melalui pelaksanaan kegiatan TMMD merupakan wujud nyata pengabdian TNI kepada bangsa dan negara diluar tugas utama TNI sebagai penjaga kedaulatan negara,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Soedjarno Program TMMD merupakan sebuah sinergi yang kuat, secara bersama-sama antara TNI dengan pemerintah baik provinsi maupun Kabupaten dalam rangka memperluas dan mepercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat pada umumnya dan masyarakat Jawa Timur khususnya.

“Program TMMD ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap percepatan pencapaian target pembangunan melalui pemberdayaan ekonomi di daerah, meningkatkan taraf hidup masyarakat, menurunkan kemiskinan serta menempatkan desa sebagai subjek pembangunan,” tambahnya.

Artinya, dimana desa dapat merencanakan sendiri, melaksanakan sendiri, dan memberdayakan sendiri masyarakatnya.

Selain itu TMMD melalui beberapa kegiatannya diharapkan juga mampu menjadi pemicu adanya kasadaran masyarakat tentang wawasan kebangsaan, bela negara dan upaya pencegahan paham radikalisme serta pencegahan penyalahgunaan narkoba di desa.

Lebih lanjut dikatakan, TMMD bukan semata mata membangun sarana fisik bagi masyarakat desa, melainkan juga menumbuhkan semangat percaya diri masyarakat agar mampu mengelola potensi yang dimiliki serta kesiap siagaan menghadapi setiap ancaman dan tantangan yang sedang dan akan dihadapi.

Tantangan yang dihadapi saat ini sudah tidak lagi berbentuk imperialisme asing, melainkan hilangnya batas teritori sebuah negara karena perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Hal yang terjadi di negara lain juga kita rasakan dampak dan akibatnya di Indonesia bahkan sampai ke pelosok desa sekalipun.

“Oleh karena itu, melalui program TMMD ini juga sangat diharapkan untuk dapat menjadi salah satu upaya membangun perisai diri bagi masyarakat dalam menghadapi tantangan kemajuan jaman,” pungkasnya.

Setelah upacara selesai dilanjutkan dengan sesi foto bersama serta penyerahan alat olahraga dan bantuan sembako bagi masyarakat.

Penampilan kesenian Reog Ponorogo Wireng Kusumo dari Desa Sooko, dilanjutkan peninjauan Stan Pameran UMKM oleh Wakil Bupati beserta rombongan dan tamu undangan.

Wakil Bupati beserta rombongam meninjau sas TMMD (rabat jalan dan Nelayan Air Darat). (mny).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here