Home Budaya Pesona Gita Suara Merdeka di Kirab Budaya

Pesona Gita Suara Merdeka di Kirab Budaya

61
0

PONOROGO – Grup Drumband SMA Merdeka Ponorogo yang bertitel Gita Suara Merdeka kembali tampil fantastis saat Kirab Pusaka memperingati Hari Jadi Kabupaten Ponorogo yang ke-523 di Depan Paseban Alon-Alon Ponorogo, Sabtu (31/8/2019).

Grup drumband SMA Merdeka sukses memukau ribuan pasang mata yang menyaksikan acara sakral Pemkab Ponorogo tersebut.

Dihadapan Bupati Ponorogo, anak-anak SMA Merdeka yang dikepalai Ulik Zulfia Ni’amah, SH ini mampu menyuguhkan atraksi-atraksi yang fantastis yang mengundang decak kagum.

Dalam kesempatan istimewa itu, SMA Merdeka menerjunkan personil 58 peserta didik yang menyuguhkan tema sesuai event yaitu grebeg suro.

Empat team yang diturunkan menyuguhkan nuansa Grebeg Suro dalam momen bersejarah itu.

Team satu mayoret berpakaian merak. Disusul team dua ada Prabu Klonosewandono, Bujangganong dan penari Jathil.

Team tiga perkusi dan bass berpakaian warok dan team empat colour guard menggunakan pakaian senada.

Beragam aksi yang dilakukan membuat suasana makin meriah. Seperti seperti formasi, atraksi permainat tongkat mayoret, serta harmonisasi permainan musik. “Musik yang dimainkan pun sesuai tema,” sebutnya.

Teknik mumpuni sang Mayoret berpadu dengan dentuman tamborin yang berharmonisasi dengan alat musik lain membuat suasana menjadi penuh semangat.

“Bagus banget, SMA sudah bisa menampilkan drumband yang spektakuler,” ungkap seorang penonton mengaku kagum.

Kepala SMA Merdekail, Ulik Zulfia Ni’amah, SH mengatakan, grup drumbandnya memang sudah sering melakukan berbagai aksi mendebarkan.

“Seluruhnya siswa kami. Semua personil kita tampilkan sesuai tema Grebeg Suro,” kata Tahrir.

Ditambahkan Ulik, permainan anak-anak didiknya memang sudah drumband profesional. Pun, drumband nya juga sering menjadi pembuka sebuah acara kirab kabupaten.

Sekolahnya pun selama ini komitmen untuk memeriahkan gawe besar Ponorogo. Menurutnya, hal ini untuk menanamkan cinta budaya daerah kepada anak anak melalui drumband.

“Sehingga peserta didik SMA Merdeka bisa bangga pada sekolah sekaligus memahami daerah melalui event Drumband Grebeg Suro,” ungkapnya.

Untuk menampilkan drumband ini, kata Ulik anak didiknya sudah mempersiapkan latihan selama sebulan penuh. “Alhamdulillah anak mampu menampikan lagu dengan baik,” ungkapnya.

Drumband merupakan salah satu ekstra favorit peserta dudik SMA Merdeka. Mereka dilatih oleh Yoga dan Hega yang merupakan pelatih drum band Ponorogo. “Bisa tampil luar biasa seperti ini selain bimbingan pelatih juga tak lepas dari disiplin dan latihan keras yang dilakukan,” pungkasnya. (ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here