Home Birokrasi Mukridon, Ketua Fraksi Termuda di DPRD Kabupaten Ponorogo

Mukridon, Ketua Fraksi Termuda di DPRD Kabupaten Ponorogo

225
0

PONOROGO (MP) – Rapat paripurna pertama DPRD Kabupaten Ponorogo, usai dilantik 1 September 2019 kemarin, agendanya menetapkan dan pengesahan fraksi.

Setelah melalui komunikasi Politik, ada 8 Fraksi yang disepakati dan disahkan, dalam DPRD Kabupaten Ponorogo, Kamis (5/9/2019) di gedung paripurna lantai 3 DPRD Ponorogo.

Mukridon Romdhoni (41 tahun) terpilih dan dipercaya menjadi ketua fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem) masa jabatan 2019 – 2024. Wakil rakyat termuda dijajaran 8 ketua fraksi di DPRD Ponorogo.

Kekuatan fraksi NasDem ada 10 kursi ditambah 1 kursi dari partai Hanura menjadi 11 kursi.

“Pemilihan ketua Fraksi dan Ketua Dewan DPRD partai NasDem melalui proses seleksi yang digelar oleh DPD. Tim seleksi dari DPW bersama tim independen (dari perguruan tinggi) yang dikemudian di plenokan di DPP,” kata Mukridon, Kamis (05/09/2019) usai mengikuti sidang paripurna.

Sementara, fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Ketua Fraksi Slamet Hariyanto dengan jumlah kursi 8. Disusul fraksi Gerindra jumlah kursi 6, ketua fraksi dijabat Mulyono.

Kemudian Fraksi Demokrat ketua Fraksi dipercayakan kepada Edi Iswahyudi, jumlah kursi 5. Sedang fraksi Partai Golkar dijabat ketua fraksi Eko Priyo Utomo dengan jumlah 4 kursi.

Partai PDI Perjuangan, ketua fraksi dijabat oleh Evi Dwitasi dengan 4 kursi. Sedang Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ketua Fraksi dijabat Samsudin, dengan 4 kursi.

Sedang Fraksi gabungan yakni Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ketua Fraksi Wahyudi dengan 3 kursi PAN ditambah 1 Kursi Partai PPP jumlah 4 kursi.

Pimpinan sementara DPRD Ponorogo Sunarto saat dikonfirmasi sejumlah awak media mengatakan, Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah menetapkan 8 fraksi.

“Tugas dari Pimpinan sementara, memimpin rapat lintas anggota DPRD, memfasilitasi terbentuknya fraksi, pembahasan rancangan peraturan tata tertib dan memfasilitasi terbentuknya pimpinan DPRD definitif,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, hari ini kita sudah memfasilitasi tahapan kedua, yakni pengumuman pimpinan dan struktur fraksi dan anggota fraksi.

“Ada 8 fraksi seperti yang dibacakan wakil pimpinan sementara DPRD Fikso Rubianto di depan sidang Paripurna,” terangnya.

Sunarto menambahkan, dalam sidang paripurna juga menyepakati 45 anggota DPRD untuk memperbaiki kinerjanya yang lebih baik.

“Seperti, dalam waktu dekat Kita ditunggu 3 raperda yang harus selesai tahun ini. 3 raperda ini sudah hampir kedaluarso, karena hampir 3 tahun belum terbahas. Kalau lebih 3 tahun, maka akan mulai dari nol lagi, padahal biaya yang sudah dikeluarkan cukup besar,” pungkasnya. (mny)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here