Home Budaya Ada Pocong & Reyog Ikuti Lomba Gema Takbir SMK PGRI 2 Ponorogo

Ada Pocong & Reyog Ikuti Lomba Gema Takbir SMK PGRI 2 Ponorogo

114
0

PONOROGO – SMK PGRI 2 Ponorogo yang notabene sekolah kejuruan namun nilai religinya sangat kental dirasakan.

Sekolah yang terletak di Jalan Soekarno Hatta ini membuat syiar menyongsong perayaan hari raya idhul adha 1440 H benar-benar menggema.

Terbukti, SMK yang dipimpin Syamhudi Arifin SE MM ini menggelar lomba takbir keliling yang diikuti seluruh siswa-siswinya.

“Sengaja kami menggelar takbir keliling karena sebagai SMK Berbasis Pondok Pesantren ingin menggemakan syiar agama islam. Kami ingin menyambut dengan suka cita perayaan hari besar umat islam ini,” ungkap Syamhudi Arifin, SE, MM.

Setidaknya ada 57 kelompok dari semua kelas X, XI dan XII yang mengikuti lomba gema takbir keliling ini. Mereka antusias menampilkan kreasi terbaiknya. “Saya akui semakin tahun, anak-anak semakin kreatif,” sebutnya.

Tidak sekadar menggunakan alat seadanya, sebaliknya setiap kelompok tampak menyuguhkan tampilan secara maksimal.

Seperti mengusung unta-untanan dengan dandanan ala Timur Tengah, Tokoh wayang orang, gajah-gajahan, miniatur masjid hingga kesenian kebanggaan Reyog Ponorogo.

Bahkan ada peserta yang didandani layaknya pocong ikut lomba takbir keliling ini.

“Tema pocong ini kami pilih sebagai pengingat agar kita semua meningkatkan keimanan dan ketaqwaan sebagai bekal sebelum meninggal dunia,” ungkap salah satu peserta.

Suguhan gema takbir keliling ini pun mendapat antusias tinggi dari masyarakat. Mereka memadati sepajang route jalan seputaran Pabrik Es hingga Patung Sukowati untuk menikmati hiburan dan syiar agama yang memang jarang ditemui saat ini. “Niat kami memang selain syiar agama juga menghibur masyarakat,” ujarnya.

SMK PGRI 2 Ponorogo pun menyediakan hadiah yang tidak sedikit. Untuk memotivasi peserta sekolah merangsangnya dengan hadiah total Rp 10 Juta.

Tentunya ada tim dewanjuri yang disebar untuk menilai. Mulai kekompakan, kreatifitas hiasan, kualitas sound sistem hingga tajwid dalam mengumandangkan takbir. “Kami menyebar 16 juri dan 16 penilaian,” sebutnya.

“SMK PGRI 2 Ponorogo all out dalam memberikan kegiatan yang positif utamanya dalam menumbuhkan pendidikan karakter islami,” pungkasnya. (as)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here