Home Headline Rumah Nyomo Sidoharjo Jambon Nyaris Roboh Akibat Longsor

Rumah Nyomo Sidoharjo Jambon Nyaris Roboh Akibat Longsor

0

SIDOHARJO, JAMBON (MP) – Dua hari hujan  mengguyur Ponorogo akibatkan satu rumah hampir ambruk.  Seperti yang terjadi di Dukuh Wonopuro Desa Sidoharjo Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo, Senin (20/01).

 

Rumah milik Nyomo (53 tahun) akibat tanah longsor rumahnya hampir roboh.  Bangunan rumah terbuat dari bambu itu, sebagaian penyangganya sudah menggantung. Dengan kondisi itu pemilik rumah dan keluarganya  tidak berani menempati karena kondisinya membahayakan.

 

Camat  Jambon Tony Sumarsono saat kepada wartawan mengatakan, akibat guyuran hujan dengan intensitas tinggi di dukuh Wonopuro Desa Sidoharjo terjadi tanah longsor.  “Ada satu rumah milik pak Nyomo hampir roboh.  Lokasinya diperengan dan kondisi rumah yang terbuat dari bamboo ini sebagian tiang penyangganya sudah menggantung, akibat tanah longsor,” ujarnya.

 

Ia juga menjelaskan, dengan kejadian itu pihaknya tadi siang sudah naik kelokasi bersama polsek Jambon dan Koramil dibantu warga setempat. “Besok kita akan mengadakan kerjabakti bersama untuk mengevakuasi rumah. Rencananya akan dipindah beberapa meter dari lokasi tanah longsor.

 

Sementara itu Kapolsek Jambon AKP. Joko mengungkapkan, dukuh Wonopuro desa Sidoharjo Kecamatan Jambon itu lokasi sulit. Lokasi terjadinya tanah longsor di Wonopuro tidak bisa dijangkau kendaraan roda empat.

 

“Tantangan lokasi terjadinya bencana longsor di dukuh Wonopuro rt  11  rw 03 desa Sidoharjo ini medannya sulit.  Lokasinya dari balai Desa Sidoharjo masih ada 7 km,” ucapnya.

 

Kapolsek Jambon juga menambahkan  rumah milik Pak Nyomo itu lokasinya dekat perengan, karena terus terkena hujan akhirnya terjadi longsor. “Tidak ada korban jiwa, hanya kita bersama warga desa, polisi, koramil dan muspika Jambon serta FKPSB antisipasi. Pihaknya besok akan melakukan kerjabakti bersama,” tukasnya. (mny).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here