Home Daerah Terjadi Pencurian Kabel Listrik di Ponorogo, PLN Ajak Masyarakat Ikut Waspada Oknum...

Terjadi Pencurian Kabel Listrik di Ponorogo, PLN Ajak Masyarakat Ikut Waspada Oknum Tanpa Identitas PLN

0

PONOROGO, Media Ponorogo – Aksi pencurian kabel listrik PLN mulai marak terjadi di Ponorogo, setidaknya dilaporkan terdapat 6 kejadian di wilayah kerja PLN Balong 6 titik dan 1 kejadian di wilayah Kota Ponorogo. Pencurian ini tentunya memiliki dampak yang merugikan untuk masyarakat yaitu padamnya listrik dan membahayakan keselamatan warga. Menindaklanjuti kejadian tersebut, Manajemen PLN telah melaporkan dan berkoordinasi dengan Polres Ponorogo. Dilaporkan jenis kabel yang dicuri adalah NYY 4X150 dengan panjang 252 meter.

“Pencurian kabel listrik tidak hanya merugikan PLN, namun juga masyarakat karena listrik jadi padam, dan juga menyebabkan bahaya kelistrikan untuk masyarakat di sekitar lokasi,” jelas Deny Setiawan, Manager PLN UP3 Ponorogo, Rabu (7/6/2023).

Ia menambahkan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak berwajib baik kepolisian, koramil, hingga para tokoh masyarakat. Termasuk melakukan investigasi di sekitar lokasi pencurian dengan harapan menemukan CCTV untuk melakukan pelacakan.

Untuk menjaga dan mengantisipasi agar kejadian tidak terulang, Deny berharap dukungan masyarakat untuk saling menjaga dan berkoordinasi dengan PLN serta pihak berwajib jika menemukan kegiatan yang mencurigakan disekitar jaringan PLN.

Menurutnya, jika melihat oknum bekerja di sekitar gardu trafo apalagi tanpa menggunakan atribut dan identitas resmi PLN serta surat tugas untuk segera melaporkannya.

“Kami sangat berharap masyarakat ikut membantu PLN dengan melapor apabila melihat gelagat mencurigakan di sekitar aset PLN. Jika melihat gelagat mencurigakan petugas dan kendaraan operasional yang tidak menggunakan atribut atau identitas resmi PLN. Tanyakan surat tugas pelaksanaan pekerjaan dan identitasnya. Apabila orang tersebut tidak bisa menunjukkan keduanya, maka segeralah melapor ke Kantor PLN terdekat, aplikasi PLN Mobile, Contact Center PLN 123 atau pihak berwajib,” ujar Deny.

Pada saat ini seluruh jaringan listrik yang terdampak akibat kejadian tersebut sudah berhasil diperbaiki kembali sehingga pasokan listrik untuk masyarakat dapat kembali normal.

Narahubung
Rusneri Sumbawati
Assistant Manager Keuangan dan Umum
PT PLN (Persero) UP3 Ponorogo
HP. 0811-2992-342 (ist/nur).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here