Home Birokrasi Sekolah Kesetaraan Gratis Demi Dongkrak IPM Ponorogo

Sekolah Kesetaraan Gratis Demi Dongkrak IPM Ponorogo

0

KOTA, Media Ponorogo – Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Ponorogo ingin segera mereduksi angka putus sekolah untuk mendongkrak indeks pembangunan manusia (IPM).

Pendataan dan verifikasi kini gencar dilakukan penilik di setiap kecamatan. Angka putus sekolah berdasarkan data pokok pendidikan (dapodik) 2021 berjumlah 523 anak.

“Dari hasil verifikasi, sejumlah 249 anak bersedia mengikuti penyelenggaraan pendidikan kesetaraan,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Anak Usia Dimi (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF) Rr. Yeni Widiastuti, Kamis (11/5/2023).

Kadindik Kabupaten Ponorogo Nurhadi Hanuri juga mengirimkan nota dinas ke Sekretaris Daerah (Sekda) Agus Pramono untuk meminta bantuan camat mendata masyarakat yang putus sekolah.

Dari hasil pendataan terkini didapati 1.157 masyarakat putus sekolah dari kecamatan yang ada di Ponorogo.

“Sembilan PKBM (pusat kegiatan belajar masyarakat) dan satu SKB (sanggar kegiatan belajar) sudah siap menyelenggarakan pendidikan kesetaraan,” jelasnya.

Pelaksanaan program sekolah kesetaraan serentak yang akan menyasar masyarakat putus sekolah itu tinggal menunggu peraturan bupati (perbup) tentang teknis penyelenggaraan pendidikan kesetaraan dan pengelolaan dana operasional satuan pendidikan non formal daerah.

Mulai program belajar paket A (setara SD), paket B (setara SMP), dan paket C (setara SMA).

“Kami sudah mengajukan drafnya (perbup) ke Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Ponorogo untuk dilakukan koreksi lebih lanjut. Pendidikan kesetaraan rencananya mulai bulan Juli bersamaan tahun ajaran baru,” terangnya.

Seperti diketahui, peningkatan IPM menjadi salah satu fokus perhatian Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko.

Badan Pusat Statistik (BPS) sebenarnya merilis data IPM Kabupaten Ponorogo pada tahun 2022 berada di angka 71,87 yang masuk kategori tinggi dan menempati peringkat ke-21 se-Jawa Timur.

Pekerjaan rumah yang menanti adalah meningkatkan rata-rata lama sekolah yang sekarang ini masih 7,77 tahun.

Artinya, rata-rata penduduk berusia 25 tahun ke atas di Kabupaten Ponorogo hanya menempuh pendidikan setara hingga kelas 1 atau kelas 2 SMP. (minfo/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here