Home Birokrasi Bupati Sugiri Serahkan Bantuan Ratusan Alsintan Pada 162 Kelompok Tani

Bupati Sugiri Serahkan Bantuan Ratusan Alsintan Pada 162 Kelompok Tani

0

PONOROGO, Media Ponorogo – Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menyerahkan bantuan ratusan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada para petani di Kantor Dinas Pertanian Bidang Perkebunan, Jum’at (30/12/2022).

Kang Bupati sapaan akrabnya menegaskan bantuan prasarana dan sarana perkebunan tahun 2022 itu bentuk keberpihakannya kepada petani agar pertanian di Kota Reog bisa naik kelas.

“Semoga bantuan ini mampu mensejahterakan rakyat agar pertanian bisa naik kelas. Dari petani jadi pengusaha tani,” ungkapnya.

Kang Bupati menegaskan, sektor pertanian memang menjadi prioritas utama visi misinya yang tertuang dalam Nawa Darma Nyata.

“100 persen warga Ponorogo adalah petani maka pertanian hebat kami tempatkan nomor satu,” tegasnya.

Masun, S.Pt Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo mengatakan, sebanyak 162 kelompok tani menerima bantuan alsintan tersebut.

“Alsintan ini dibeli dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT),” ungkapnya.

Dana tersebut diarahkan untuk peningkatan kualitas prasarana, sarana insfrastruktur dasar air dan kapasitas pertanian dan perkebunan.

Ada 13 item prasarana dari 162 jenis bantuan yang diserahkan. Di antaranya, 33 Cultivator, 3 Hand Tractor, Generator, 17 Timbangan Digital, 23 Mesin Perajang Tembakau, 8 Mata Bajak Cultivator/Hand Tractor, Bibit Kopi dan Kelapa Kopyor, 22 Irigasi Air Tanah Dalam dan Jalan Produksi Perkebunan.

Masun menegaskan, bantuan ini merupakan realisasi visi misi Kang Bupati Sugiri Pertanian Kuat menuju Ponorogo Hebat.

“Sifatnya bantuan murni. Jika ada pihak lain yang mengklaim itu tidak benar. Karena semua ini adalah program Bupati,” tegasnya.

Ia menegaskan, harus bekerja ekstra dalam menyeleksi penerima karena ada ratusan kelompok yang mengajukan.

“Diseleksi dan ini yang berhak menerima. Kalau ada pihak yang mengatasnamakan dinas dan meminta pungutan, itu tidak boleh terjadi. Laporkan maka akan kami tindaklanjuti,” tegasnya.

Sementara itu, Tarekat Ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Ponorogo mengucapkan terima kasih kepada Kang Bupati yang memberikan bantuan yang luar biasa.

Menurutnya, bantuan alsintan ini membuat petani bekerja lebih mudah.

“Kalau dulu ndangir pakai cangkul sekarang pakai ultivator. Semakin cepat, efektif dan efisien,” ungkapnya.

Tarekat juga memaparkan dampak positif adanya bantuan sumur dalam yang diprogramkan Bupati Sugiri.

“Dampak dibangunnya ratusan sumur dalam, tanah yang semula tidak produktif kini bisa ditanami. Petani padi yang semula hanya dua kali kini bisa menjadi 3 kali setahun,” sebutnya.

Ia berharap, Kang Bupati terus berpihak kepada petani dengan meningkatkan bantuan di tahun mendatang.

“Semoga melalui bantuan sarana prasarana ini dapat meningkatkan produk hasil pertanian dan perkebunan agar pertanian kuat menuju Ponorogo Hebat Bermartabat,” pungkasnya. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here