Home Birokrasi Dapat 8 ribu Dosis, Vaksinasi PMK di Ponorogo, Ratusan Sapi Mati, 7.775...

Dapat 8 ribu Dosis, Vaksinasi PMK di Ponorogo, Ratusan Sapi Mati, 7.775 terkonfirmasi PMK

0

PONOROGO – Ratusan sapi mati dan ribuan sapi di wilayah Kabupaten Ponorogo terkonfirmasi penyakit mulut dan kuku (PMK). Dengan adanya kasus tersebut, Pemerintah Kabupaten Ponorogo mendapat jatah 8 ribu dosis vaksin PMK.

Perlu diketahui berdasarkan update perhari ini dari dinas pertanian, ketahanan pangan dan perikanan Kabupaten Ponorogo, sebanyak 7.775 sapi terkonfirmasi PMK.

Terbanyak, kasus sapi PMK berada di wilayah Kecamatan Pudak, Kabupaten Ponorogo, yakni sebanyak 5.212 sapi terkonfimasi PMK serta 201 mati.

“Sebanyak 8 ribu dosis vaksin didatangkan, untuk disuntikkan sapi terkonfirmasi PMK di Ponorogo,” ujar pejabat otoritas veteriner, Siti Barokah, Sabtu (25/6/2022).

Nantinya, sebanyak 7 ribu dosis vaksin PMK diprioritaskan untuk sapi terkonfirmasi di Kecamatan Pudak. Sisanya (seribu) disebar di kecamatan lain di Ponorogo.

“Satu botol vaksin PMK berisi 200 ml. Satu sapi disuntik 2 ml. Sehingga, satu botol itu bisa digunakan untuk 100 sapi terkonfirmasi PMK,” imbuhnya.

Penyuntikan sapi dosis pertama akan dilakukan minggu depan. Sedangkan dosis kedua nanti menunggu kiriman dari pemerintah lagi.

“Kebanyakan yang tetkonfirmasi PMK merupakan sapi perah. Nanti sebagian besar yang disuntik ya sapi perah,” pungkasnya.(mny).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here