Home Daerah PLN UP3 Ponorogo Antisipasi Potensi Gantuan Listrik Saat Cuaca Ektrem

PLN UP3 Ponorogo Antisipasi Potensi Gantuan Listrik Saat Cuaca Ektrem

0

PONOROGO – PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ponorogo melakukan pemangkasan dahan pohon yang berdekatan dengan kabel listrik di kawasan wilayah Kabupaten Ponorogo.

Sebab, tidak jarang pohon tumbang akibat diterpa angin kencang (cuaca ektrem) mengakibatkan kabel listrik terputus.

Menurutnya, proses penebangan pohon hanya difokuskan pada beberapa bagian batang pohon saja yang dirasa beresiko terhadap kabel listrik.

“Kami fokus pada pohon rimbun di dekat jalur kabel, kami lakukan penebangan pohon hanya pada bagian atas, untuk mengurangi ketinggian pohon agar lebih rendah dengan tiang penyanggah kabel listrik,” kata Manajer PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Ponorogo Joko Prasetyo, Senin (21/2/2022).

Selain itu, PLN UP3 Ponorogo juga secara rutin melakukan pengecekan jaringan listrik di sepanjang jalur utama.

Ditambahkan, daerah yang paling rawan berada di wilayah pinggiran atau pegunungan. Seperti tahun lalu, longsor terjadi di Pulung menyebabkan salah satu tiang listrik roboh menimpa rumah warga.

Kondisi tersebut berbeda dengan diwilayah kota yang relatit aman. Apalagi pegawai bagian infeksi rutin melakukan pengecekan seluruh jalur kabel sepanjang 584,991 kilometer sirkuit (kms).

Saat kemarau, wilayah Kota juga wajib waspada. Selain layang-layang, penerbangan balon udara tanpa awak juga mengancam stabilitas jaringan listrik.

Jika hal itu terjadi, tentu merugikan pelanggan. “Cukup meresahkan, layang-layang bisa menyebabkan konsleting saat nyangkut dikabel listrik,” pungkasnya. (mny).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here