Home Headline Ciptakan Aplikasi Bantu Pemulung, Pelajar SMAN 1 Ponorogo Juara 1 Festival Riset...

Ciptakan Aplikasi Bantu Pemulung, Pelajar SMAN 1 Ponorogo Juara 1 Festival Riset Nasional

0

PONOROGO – Berkat kepeduliannya terhadap pemulung menghantarkan siswa-siswi SMAN 1 Ponorogo meraih prestasi nasional.

Prestasi membanggakan itu dipersembahkan dalam ajang karya tulis ilmiah tingkat Nasional dalam Research Education Festival 2022.

Prestasi itu dipersembahkan oleh Bhirawa Kusuma W (kelas XI MIPA 1), Egirya Putri(XI MIPA 9), dan Hanum Bayu S (XII MIPA 9).

Agus Salman Muhammad M.Cs guru pendamping dan pembina mengaku bangga anak didiknya mampu menjadi yang terbaik dalam lomba yang diselenggarakan Research Education didukung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah.

Menurutnya, prestasi itu diraih berkat ide penelitian yang berawal dari kepedulian siswa terhadap para pemulung. Termasuk stigma negatif terhadap pemulung serta kesejahteraan para pemulung.

Anak didiknya tergerak untuk mencari jalan keluar mengatasi masalah tersebut. Yakni dengan membuat sebuah aplikasi yang diikutkan dalam lomba tersebut.

“Aplikasi ini bisa memudahkan pemulung dan rumah tangga yang menghasilkan sampah,” ungkapnya.

Hebatnya, siswa SMAN 1 Ponorogo juga meraih medali perak dalam ajang Lomba Asean Inovatif Science Enviromental and Entrepreneur Fair (AISEEF) 2022 categori Inovatif Science.

Prestasi internasional ini diraih oleh Hanum Bayu Satrya(XII MIPA 9), Hernanda Achmad P(XII MIPA 9), Adinda Rifki F T( XII MIPA 9), Bhirawa Kusuma W(XI MIPA 1), dan Anindya Nasywa Dwi M (10 MIPA 8).

Mereka menjadi yang terbaik kedua dalam lomba yang digelar Fakultas Tehnik Universitas Diponegoro, Selasa (8/2/2022).

Agus berharap, kepada anak didiknya untuk terus berkarya, terus mengembangkan potensi yang ada untuk bisa meraih masa depan.

“Prestasi ini semoga bisa membangkitkan semangat adik adik kelasnya untuk berprestasi,” harapnya.

Adanya prestasi ini semakin meneguhkan SMA Negeri yang dipimpin Dasar Daminto, S.Pd., M.Pd ini gudangnya prestasi baik nasional bahkan internasional. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here