Home Daerah Jurnalis Ponorogo Peringati HPN TA 2022 Gelar Fogging dan Bagikan Ikan Cupang

Jurnalis Ponorogo Peringati HPN TA 2022 Gelar Fogging dan Bagikan Ikan Cupang

0

PONOROGO – Rangkaian Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun ini masih dilakukan dalam suasana pandemi Covid-19 dan pencegahan DB.

Komunitas Wartawan Ponorogo dalam rangka HPN yang ke 76 menggelar fogging dan pembagian ikan cupang di Rt 4 Rw 1 jalan Larasati Kelurahan Surodikraman Kecamatan Kota Ponorogo, Kamis (3/2/2022).

Dalam ulang tahunnya kali ini berbeda dengan ulang tahun sebelumnya, kala itu Komunitas Wartawan Ponorogo mengadakan pembagian sembako bagi warga yang melakukan isoma di rumah dan pembagian sembako warga kurang mampu di wilayah Kecamatan Mlarak.

Tahun ini kegiatan lebih menjurus pada keselamatan dan kesehatan publik dalam memerangi Demam Berdarah Dengune (DBD).

Kasat Samapta AKP. Edi Suyono saat dikonfirmasi awak media usai melakukan fogging mengatakan, Polres Ponorogo dan komunitas ikan cupang bersama Jurnalis Ponorogo mengadakan fogging dan pembagian ikan cupang pada warga.

“Hari ini kami bersama-sama dan bersinergi dengan temen-temen komunitas wartawan Ponorogo dan komunitas pecinta cupang Ponorogo dalam rangka ikut berperan pencegahan demam berdarah,” ujarnya.

Akp. Edi Suyono juga menjelaskan di mana Ponorogo saat ini masih terus meningkat angka demam berdarahnya.

“Kita melaksanakan fogging, juga membagikan ikan cupang kepada masyarakat untuk mencegah penyebaran demam berdarah,” jelasnya.

Diharapkan dengan pembagian ikan cupang bisa membunuh jentik-jentik dan merupakan upaya dari teman-teman komunitas wartawan, untuk ikut mengurangi  angka penyebaran demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk.

Sementara itu Ginanjar dari komunitas cupang Ponorogo mengungkapkan, pihaknya bersama teman-temannya mengumpulkan ikan cupang dalam rangka ikut membantu memutus mata rantai penyebaran DB.

“Ikan cupang ini makanannya jentik-jentik nyamuk, bisa ditaruh di kamar mandi, bak mandi atau ditempat lain,” katanya.

Ginanjar berkata, Komunitas ikan cupang merasa terpanggil untuk ikut serta mengurangi penyebaran demam berdarah di Ponorogo.

“Dan tahun ini bersamaan dihari Pers Nasional, Saya dan komunitas cupang melepas sebanyak 300 ekor cupang kita berikan pada warga, bersamaan dengan giat fogging,” imbuhnya.

Sementara itu Nuryasin ketua panitia kegiatan HPN menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolres Ponorogo dan komunitas Cupang Ponorogo atas kerjasamanya.

“Hari ini dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional Indonesia komunitas jurnalis Ponorogo mengadakan kegiatan Fogging menggandeng Polres Ponorogo dan pembagian cupang di kelurahan Surodikraman Kota Ponorogo,” katanya.

Menurutnya, kegiatan Fogging dan pembagian cupang ini dalam upaya membantu Pemerintah untuk mencegah penyebaran demam berdarah di Ponorogo.

“Fogging fungsinya untuk membunuh nyamuk dewasa, dan ikan cupang atau ikan aduan bertugas membunuh jentik nyamuk,” jelasnya.

Iwan (52 thn) salah satu warga Kelurahan Surodikraman mengaku senang, karena wilayahnya dilakukan fogging dan pemberian ikan cupang.

“Terima kasih kepada para Jurnalis Ponorogo, karena telah peduli ikut memutus penyebaran DB dan fogging juga pemberian cupangnya di lingkungannya. Selamat hari pers, semoga pers tetap jaya dan memberikan informasi yang akurat,” tukasnya. (mny)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here