Home Daerah 100 Penyandang Disabilitas Binaan RKS Ponorogo Disuntik Vaksinasi Covid-19

100 Penyandang Disabilitas Binaan RKS Ponorogo Disuntik Vaksinasi Covid-19

0

PONOROGO – Seratus penyandang Disabilitas dibawah binaan Rumah Kasih Sayang (RKS) di Desa Krebet Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo menjalani Vaksinasi Covid-19, Kamis (5/8/2021).

Mereka disuntik vaksin Sinopharm sesuai program Pemerintah. Pantauan di lokasi mereka yang akan diberikan Vaksinasi mengantri dengan tertib.

Sebelumnya mereka dibantu mengisi formulir Vaksinasi Covid-19, diperiksa suhu tubuhnya, tekanan darah, screning oleh vaksinator hingga dilakukan penyuntikkan vaksin.

Ketua Organisasi Sosial (ORSOS) RKS Kabupaten Ponorogo Djaenuri mengatakan, pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 terhadap penyandang Disabilitas berjalan lancar dan kondusif.

“Alhamdulillah Vaksinasi Disabilitas sejumlah 100 orang hadir. Namun ada sebagian yang ditunda karena saat diperiksa ada yang flu, batuk, meriang, sehingga mereka ditangguhkan,” tuturnya.

Hadir dalam giat tersebut Kepada Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, Kadis Kesehatan Provinsi Jatim, Kadis Sosial Kabupaten Ponorogo, Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo, Muspika Jambon dan Puskesmas Jambon.

“Sedianya Bu Gubernur Jatim Bu Khofifah semula dijadwalkan hadir dalam acara ini. Sudah sampai di Madiun, mendadak kembali ke Surabaya ada agenda dengan Presiden RI,” ujar Djaenuri.

Sementara Kepala Dinas Sosial Provinsi Jatim Alwi mengatakan warga penyandang Disabilitas menjadi salah satu prioritas pemerintah dalam pemberian vaksinasi Covid-19.

“Di Ponorogo ini termasuk awal, setelah ini di Malang, kemudian beberapa dititik Surabaya,” ungkapnya.

Dikatakan, warga penyandang tuna grahita termasuk kalangan rentan karena keterbatasan nya melakukan aktivitas sendiri.

“Jadi harus ada orang lain yang membantu mereka. Seperti saat vaksinasi ini, mereka harus ada yang membantu, tidak mungkin sendiri,” katanya.

Senada dikatakan Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo yang juga Ketua Bidang Pelaksana Satgas Vaksinasi Covid-19 Hermansyah, hari ini program vaksinasi Covid-19 menyasar warga penyandang Disabilitas.

“Vaksin yang dipakai Sinopharm, ini untuk penyandang Disabilitas,” ucapnya.

Dia juga menjelaskan, vaksin Sinopharm Covid-19 khusus diberikan pada penyandang Disabilitas.

Rincian nya, warga penyandang Disabilitas diwilayah Kecamatan Jambon 100 orang, Babadan 16 orang dan Jetis 32 orang.

“Dosis untuk Ponorogo dapat banyak, aman untuk kelanjutan dosis kedua,” pungkasnya. (mny).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here