Home Headline Ipong MS : Penularan Sangat Cepat, 4 Hari 15 Kasus Korona

Ipong MS : Penularan Sangat Cepat, 4 Hari 15 Kasus Korona

0

PONOROGO – Bupati Ipong Muchlissoni menyampaikan, bertambahnya kasus Covid-19 di Kabupaten Ponorogo beberapa hari ini semakin signifikan. Terdapat kenaikan sebanyak 15 kasus dalam 4 hari ini.

Tidak hanya import case, kemungkinan juga terdapat beberapa kasus yang diduga merupakan transmisi lokal.

Menurutnya, COVID-19 ini penularannya sangat cepat. Sebagai contoh pada kasus pasien nomor 41, satu orang yang terkena bisa langsung menulari 4 anggota rumah lainnya. Satu diantaranya baru dinyatakan positif hari ini.

Bahkan, hari ini Sabtu (4/7/2020) terdapat penambahan 4 kasus baru COVID-19 di Kabupaten Ponorogo. Yakni di Dayakan Badegan, Sukorejo, Ngrogung Ngebel dan Ronowijawan Siman.

Saat ini terus dilakukan tracing dan testing terhadap seluruh kontak erat pasien konfirm karena cepatnya penularan penyakit.

Bupati berpesan, utamanya satgas COVID-19 yang ada di desa/kelurahan. Agar lebih ketat dalam memantau setiap orang di wilayahnya yang terindikasi melakukan isolasi mandiri.

Bila perlu fungsikan fasilitas isolasi mandiri desa, jika kondisi di rumah tidak memungkinkan untuk isolasi mandiri.

“Yang kita hadapi saat ini adalah krisis kesehatan. Tidak hanya pemerintah, semua orang harus turut berperan serta dalam penanganan COVID-19 ini,” paparnya.

Bagaimana kita melawan penularan yang begitu cepat ini ? Jawabnya hanya satu yaitu dengan DISIPLIN MELAKUKAN PROTOKOL KESEHATAN.

Sering cuci tangan pakai sabun, pakai masker ketika berada di tempat umum dan berinteraksi dg org lain, jaga jarak minimal 1 meter saat berinteraksi dg org lain, tingkatkan imunitas tubuh dengan olahraga dan gembira serta berdoa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

“Janganlah ada yang merasa sok sakti ataupun sok sehat, penyakit ini bisa menyerang siapa saja, kapan saja, dimana saja,” tandasnya.

“Mulailah dengan menjaga diri masing-masing dengan disiplin dan patuh terhadap protokol kesehatan,” ujarnya.

“Dengan kita menjaga diri, kita tidak hanya menyelamatkan diri kita, tapi juga bisa menyelamatkan keluarga kita, orang-orang terdekat kita, dan bahkan menyelamatkan orang lain,” imbuhnya.

Data kasus covid19 di Kabupaten Ponorogo per hari ini total 54, sembuh 32, isolasi RS 19 dan meninggal 3. “Semoga Allah SWT melindungi kita semua,” pungkas Ipong MS, Bupati Ponorogo. (as)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here