Home Daerah Satgas Covid -19 Desa Plosojenar, Kauman, Kunjungi Rumah, Tempelkan Stiker

Satgas Covid -19 Desa Plosojenar, Kauman, Kunjungi Rumah, Tempelkan Stiker

0

PONOROGO – Pemerintah Kabupaten Ponorogo menerapkan pemetaan dengan menempelkan stiker di rumah warga yang masuk pada Orang Dalam Resiko (ODR), Orang Tanpa Gejala (OTG), Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Itu tertera pada surat bernomor 440/1021/405.09/2020, perihal Pemantauan Pelaksanaan Isolasi Mandiri. Untuk penempelan stiker diserahkan satgas masing-masing desa.

Tujuan dari penempelan stiker bertuliskan isolasi mandiri untuk memudahkan petugas/relawan dalam melakukan pemantauan.

Seperti Posko Satgas Penanggulangan Covid – 19 Desa Plosojenar Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo, melakukan kunjungan ke rumah-rumah bersama tim satgas Desa menempelkan stiker, Jumat (03/04/2020).

Tim yang berisikan Bhabinkamtibmas, Babinsa, relawan dan petugas Polindes mendatangi satu per satu rumah warga yang masuk dalam kategori ODR (Orang Dalam Resiko) Covid – 19.

Rumah – rumah yang penghuninya ada ODR Covid – 19 ditempeli stiker. Stiker yang ditempelkan ini berasal dari Puskesmas Kauman yang berisi informasi kedatangan dan habisnya waktu isolasi mandiri dirumah.

Ada 5 ODR yang dikunjungi dengan inisial, yaitu Dov yang datang dari Surabaya, Am dari Ketapang Kalbar, Sm dari Banyuwangi, Sw dari Solo dan Dp dari Solo. Mereka diharapkan mematuhi anjuran isolasi mandiri, sehingga penularan Covid – 19 dapat diminimalisir.

Perlu diketahui, dibentuknya tim Satgas Covid – 19 yang ada didesa ini merupakan implementasi dari Surat Edaran Nomor 8 Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia tentang Desa Tanggap Covid – 19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa.

Sementara Djoko Waskito selaku Camat Kauman saat dikorfirmasi terkait pemasangan stiker diwilayah Kecamatan Kauman mengatakan, pemasangan stiker sebagai kontrol sosial untuk mereka yang masuk Orang Dalam Resiko (ODR).

“Jadi pemasangan stiker ini sebagai kontrol sosial, biar kita, petugas dan msyarakat bisa sama-sama mengawasi. Jadi terkait ODR dan OTG ini kondisional saja. Perkembangan informasi terus berubah, tujuan penempelan stiker untuk kontrol sosial,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan, semua desa yang ada di Kecamatan Kauman semua sepakat untuk menempelkan dirumah warga. (mny).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here