Home Headline HEBAT, Siswi SMKN 2 Ponorogo Produksi APD Tenaga Medis Corona

HEBAT, Siswi SMKN 2 Ponorogo Produksi APD Tenaga Medis Corona

0

PONOROGO – Keahlian siswa-siswi dari SMK Negeri 2 Ponorogo menjadi sangat berarti di tengah mewabahnya virus Corona.

Hal ini karena siswa SMK yang dipimpin Sujono M.Pd itu mampu memproduksi ratusan Alat Pelindung Diri (APD).

APD baju jenis hazardous material (hasmat) suit itu diproduksi oleh siswi yang menekuni Program Studi Tata Busana SMKN 2 Ponorogo.

Hebatnya lagi, hasil produksi nantinya akan diserahkan kepada Pemerintah Provinsi Jatim. Langkah ini dalam rangka membantu Pemprov dalam menangani wabah virus corona atau Covid-19.

Sujono M.Pd Kepala SMKN 2 Ponorogo mengatakan, semua sekolah kejuruan atau SMK yang memiliki Prodi Tata Busana memang diimbau untuk membuat APD bagi tenaga medis.

Pemprov Jatim memberikan target kepada seluruh SMK yang ada di Jawa Timur dengan total sekitar 5000 APD. Sedangkan bahan-bahan untuk memproduksi dan polanya dikirimkan langsung Pemprov.

Pembuatan APD ini dilimpahkan kepada siswa yang sedang menjalani PKL diluar sekolah. Mereka ditarik untuk ikut serta memproduksi APD dibantu tenaga pengajar.

Sujono memastikan meski dibuat oleh siswa, quality control produk tetap diawasi. Sehinga baju APD tersebut aman dan nyaman saat digunakan.

Siswa juga diberi pengarahan dalam memproduksi APD. Seperti sebelum memegang alat atau bahan para siswa diharuskan mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer serta menggunakan masker selama pengerjaannya.

Tidak butuh waktu lama, kata Sujono dalam pembuatan APD tersebut para siswa tidak mengalami kendala apapun. Karena memang para siswa telah terampil dan saling membantu satu dengan yang lain.

“Dengan kecakapan dan keahlian yang dimiliki, SMK Negeri 2 Ponorogo sanggup mengerjakan belasan APD dalam sehari,” sebutnya.

“Alhamdulillah keahlian siswa-siwi dari SMK Negeri 2 Ponorogo akan menjadi sangat berarti di tengah mewabahnya virus Corona, karena mampu memproduksi ratusan APD,” pungkas Sujono. (js/as)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here