Home Daerah Mbah Sarmin Akhirnya Dipindahkan dari Pemakaman Umum, Pomahan – Pulung

Mbah Sarmin Akhirnya Dipindahkan dari Pemakaman Umum, Pomahan – Pulung

0

PONOROGO – Mbah Sarmin hidup sebatang kara, yang sebelumnya tinggal dan tidur di pemakaman umum di desa Pomahan, Pulung menjadi viral di medsos.

Berita itu memantik Pemkab Ponorogo  terjun langsung kelokasi dimana mbah Sarmin saat ini tidur di pemakaman umum desa dengan harapan mau dipindah, melalui dinas sosial Kabupaten Ponorogo.

Kedatangan Tim dari Dinas Sosial Kabupaten Ponorogo bersama Anggota Polsek dan Babinsa Koramil Pulung ke Desa Pomahan dalam rangka pengecekan atas beredarnya pemberitaan seseorang yang tinggal dan hidup di Pemakaman Umum Desa Pomahan Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. Selasa (03/12/2019).

Rombongan dari Dinas Sosial dipimpin Kabid Rehabilitasi Sosial Sri Hartiningsih dan Kabid Perlindungan Sosial Surono, didampingi empat anggota Polsek beserta Babinsa Koramil Pulung tiba di Balai Desa Pomahan diterima Kepala Desa Pomahan Suhariyono dan perangkatnya.

Kedatangan rombongan membicarakan mengenai pokok permasalahan dan kebenaran berita yang beredar di media sosial.

Suhariyono membenarkan tentang adanya seseorang warga masyarakat yang tinggal di Pemakaman Umum tersebut, sejak awal orang tersebut mengaku bernama Sarmin, 99 tahun, masih mempunyai keluarga di Desa Munggung Kecamatan Pulung.

Karena tidak ada kecocokan dengan keluarganya sehingga memilih tinggal dan hidup di Pemakaman Umum tersebut.

Untuk kebutuhan hidup sehari hari Mbah Sarmin mendapat belas kasihan dari Pemerintah Desa dan masyarakat sekitar.

Sejak awal Pemerintah Desa Pomahan sudah menasehati Mbah Sarmin untuk tidak tinggal di Pemakaman namun karena alasan sudah kerasan yang bersangkutan menolak, bahkan sudah dipersiapkan tempat yaitu Rumah yang tidak ditempati milik kerabat Kades tak jauh dari lokasi Pemakaman.

Setelah melalui mediasi dan diberikan pengertian akhirnya Mbah Sarmin bersedia dipindahkan untuk menempati Rumah milik Almarhumah Sarinem yang beralamat di Rt 01 Rw 02 Dukuh Sabil Desa Pomahan.

Dengan menggunakan kendaraan yang ada, petugas Dinsos, Polsek dan Babinsa segera membersihkan dan memindahkan semua barang-barang milik Mbah Sarmin.

Kabid Rehabilitasi Sosial Sri Hartiningsih mengatakan, dinas Sosial akan terus memantau keadaan Mbah Sarmin mengenai kelayakan tempat tinggal, keperluan hidup, kelengkapan identitas diri (KTP) dan Jaminan Sosial melalui Petugas TKSK Kecamatan Pulung saudara Hugo.

“Besuk kita akan kesini lagi membawa tempat tidur yang layak sambil melihat kondisi Mbah Sarmin,” lanjutnya.

Kades Pomahan Suhariyono berterima kasih atas perhatian dari Pemerintah Kabupaten Ponorogo, Polsek dan Koramil Pulung yang telah membantu dalam proses pemindahan Mbah Sarmin.

“Tentu Pemdes Pomahan juga ikut akan memberikan perhatian khusus kepada warga masyarakat yang tinggal di Desa Pomahan,” pungkasnya. (mny).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here