Home Budaya Kepala Dinsos Ponorogo Resmikan, Bantuan Pentas Seni Kearifan Lokal Karawitan Nunggal Laras...

Kepala Dinsos Ponorogo Resmikan, Bantuan Pentas Seni Kearifan Lokal Karawitan Nunggal Laras dari Kemensos RI di Bulak, Balong

324
0

PONOROGO – Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ponorogo Supriyadi, S.Sos, M.Si, resmikan bantuan dari Kementerian Sosial Republik Indonesia berupa pentas seni kearifan lokal alat gamelan/karawitan Nunggal laras, Selasa malam (12/11/2019) di Desa Bulak Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo Jawa Timur.

Dibawah nahkoda kepala Desa perempuan Arini Musrifah, Desa Bulak Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo Jawa Timur, menjadi salah satu Desa yang mendapatkan program bantuan dari Kementerian Sosial Republik Indonesia tahun 2019.

“Tahun 2019 program bantuan dari Kemensos di seluruh Indonesia, jumlah Desa yang mendapatkan program seperti ini hanya 250 Desa. Dan Kabupaten Ponorogo 2 desa yang mendapat bantuan, salah satunya Desa Bulak,” tutur Supriyadi.

Dia juga menjelaskan, Desa Bulak Kecamatan Balong mendapatkan bantuan dari Kementerian Sosial 2 program yakni keserasian sosial dan kearifan lokal.

Tujuan dari Kementerian sosial memberikan bantuan, agar desa tersebut bisa menjaga dan mengembangkan kearifan lokal terkait budaya-budaya yang ada didaerah.

“Bantuan kearifan lokal bisa digunakan untuk pengadaan barang berupa reyog, karawitan atau lainnya, intinya untuk melestarikan budaya yang ada didaerah,” terang Supriyadi.

Dikatakan, kedepan karawitan di Desa Bulak bisa terus berkembang dan bisa memberikan pembelajaran kepada generasi penerus untuk melestarikan seni karawitan.

“Saya lihat hari ini yang tampil masih generasi tua, kedepan bisa ditampilkan yang muda-muda. Sebagai bukti adanya pelestarian budaya. Mewakili dari kementerian Sosial Republik Indonesia, Saya memberian apresiasi yang tinggi atas pelaksanaan kegiatan di desa Bulak ini. Dari tidak seberapa namun hasilnya luar biasa. Dua titik yakni insfra struktur dan kearifan lokal berupa alat kesenian gamelan karawitan,” ucapnya.

Ketua Forum Keserasian Sosial – Karawitan Nunggal Laras (FKS-KNL) Desa Bulak kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo Misdi kepada awak media mengungkapkan, pentas seni kaarifan lokal group karawitan Nunggal laras desa Bulak tahun ini mendapatkan bantuan dari kementerian Sosial RI untuk pengadaan alat gamelan karawitan.

“Alkhamdulilah malam ini alat gamelan karawitan Nunggal laras bisa kita wujudkan dan sekaligus diresmikan oleh pihak kementerian sosial yang diwakili Dinsos Ponorogo,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan, dengan bantuan alat karawitan ini pelestarian budaya karawitan di Desa Bulak tidak akan sirna dan terus berkembang.

Misdi juga menambahkan, antusias warga yang memiliki jiwa seni di Desa Bulak cukup banyak buktinya baru dilatih beberapa bulan saja mereka sudah bisa.

“Ini menujukan salah satu kesenian budaya adi luhung seni karawitan di desanya masih terjaga dengan baik,” terangnya.

Sementara itu Kepala Desa Bulak Arini Musrifah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Sosial RI, Propinsi dan Dinsos Ponorogo atas bantuan yang telah diberikan di Desanya.

“Selaku Kepala Desa Bulak dan mewakili semua warganya, Kami menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang sudah diberikan, semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi warga Desa Bulak,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinsos Ponorogo Supriyadi, Anggota DPRD Ponorogo Mahfud Arifin, Forkopimka Balong, Polsek, Koramil, BPD, LPMD, Tokoh Masyarakat, pemuda dan undangan lainnya. (mny)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here