Home Headline Lantik PWI Ponorogo, Ainur Rohim : Jaga Peran Kontrol Sosial & Sinergi

Lantik PWI Ponorogo, Ainur Rohim : Jaga Peran Kontrol Sosial & Sinergi

77
0

PONOROGO – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur Ainur Rohim, melantik pengurus PWI Kabupaten Ponorogo periode 2019-2022 di Meeting Room Rumah Makan Echo Kicthen, Selasa (29/10/2019).

Pelantikan PWI Ponorogo ini tercatat sebagai pertama di Karesidenan Madiun. “Proses konferensinya pun santun tidak ada gesekan kuat. Ini menunjukkan trah Mataraman yang bagus untuk diteruskan,” ungkap Ainur Rohim.

Menurutnya, PWI merupakan satu dari tiga organisasi profesi yang sifatnya nasional dan terakreditasi oleh Dewan Pers.

Mulai tahun 2011 hingga sekarang, profesi jurnalis harus dilakukan fit and proper lewat mekanisme uji kompetensi wartawan (UKW).  “Insan pers harus sudah mempunyai uji kompetensi wartawan,” tegasnya.

Jurnalis nantinya akan dibagi menjadi tiga level, yakni wartawan muda, madya dan utama.

”Sejak tahun 2012 sampai Agustus 2019 ini, PWI Jatim sudah menggelar UKW sebanyak 27 angkatan. Jumlah semua kurang lebih sebanyak 1150 wartawan,” sebut Ainur.

Ainur berpesan kepada teman-teman PWI Ponorogo untuk menyeimbangkan antara sosial kontrol dengan peran memberikan apresiasi kepada pihak lain.

Jangan selalu bersikap negatif kepada pihak lain. Selain itu jangan mentang-mentang wartawan, menjadi orang yang tidak bisa dikontrol. “Berperilakulah yang wajar dan rendah hati,” ujarnya.

”Disisi kelembagaan ada Dewan Pers, yang akan mengontrol teman-teman yang bergerak di profesi ini,” imbuhnya.

Ketua PWI Kabupaten Ponorogo Hadi Sanyoto mengaku bersyukur PWI Kabupaten Ponorogo yang sudah tiga tahun persiapan ini, akhirnya pada hari ini sudah definitif.

Menurut Hadi, PWI Ponorogo yang baru dilantik bertekad untuk bisa memberi sumbangsih yang berarti bagi Ponorogo dan bangsa Indonesia.

Wartawan Radio Duta Nusantara ini menyatakan, hal ini bisa diwujudkan bila insan pers bisa menjalankan fungsi kontrol dengan baik dan bisa bermitra secara sinergis dengan pemerintah.

“Harapannya, kita bisa menghadirkan informasi-informasi yang mencerdaskan masyarakat,” ulasnya.

Hadir dalam pelantikan tersebut Ketua DPRD Ponorogo Sunarto bersama para wakil ketua, Kapolres Ponorogo AKPB Arief Fitrianto, sejumlah pejabat dari Kejaksaan Negeri Ponorogo, Pengadilan Negeri Ponorogo dan sejumlah instansi, mitra PWI Ponorogo dan para pimpinan media massa di Ponorogo. (as)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here