Home Budaya Dapat Program Keserasian Sosial, Ini yang dilakukan Desa Bulak, Kecamatan Balong

Dapat Program Keserasian Sosial, Ini yang dilakukan Desa Bulak, Kecamatan Balong

130
0

PONOROGO – Desa Bulak Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo Jawa Timur dibawah kepemimpinan seorang Kades Perempuan Arini Musrifah menjadi salah satu Desa di Ponorogo yang mendapatkan bantuan dana program keserasian sosial dari Kementerian Sosial RI.

Melalui program ini diharapkan semakin meningkatkan kondusifitas dan kerukunan antar warga di desa Bulak dan peningkatan pembangunan insfrastruktunya.

Sebelum dilakukan program dari Kementerian Sosial ini, Desa Bulak Kecamatan Balong menggelar sarasehan forum keserasian sosial Rukun Santoso, Senin (30/09/2019) di rumah Damas dukuh Krajan Desa setempat.

Hadir dalam sarasehan itu diantaranya Mahfud Arifin anggota DPRD Ponorogo Dapil 5, Kabid Linjamsos Dinas Sosial Ponorogo Surono, Camat Balong Setya Antari, Kapolsek Balong Akp. Hariyanto, Danramil Balong Kapten inf. Sukirno, Kepala Desa Bulak Arini Musrifah, Forkopimka Balong, Perangkat Desa, LPMD, BPD, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda dan undangan lainnya.

Ketua FKS-RS desa Bulak Nur Kholis dalam sambutannya mengungkapkan pihaknya mendapatkan bantuan dana dari Kementerian Sosial RI yang digunakan untuk kegiatan dialog bersama dengan masyarakat yang sifatnya untuk pencegahan dini (antisipasi adanya konflik sosial di desa) dan juga diperuntukkan pembangunan insfrastruktur desa.

“Kami mendapatkan program dalam bentuk pisik yakni saluran air (talud), sedang untuk giat forum keserasian kita sudah mengadakan giat dialog bersama warga Bulak untuk pengadaan gamelan,” ujarnya.

Selain itu, bantuan untuk pembangunan dilakukan secara swadaya atau gotong royong bersama masyarakat.

“Poin penting, forum keserasian rukun santoso di desa Bulak selain untuk meminimalisir konflik, yang paling penting ada kebersamaan. Harapannya dengan forum ini ada semangat kebersamaan dan gotong royong,” terangnya.

Sementara, Surono kabid linjamsos Dinsos Ponorogo mengungkapkan Desa Bulak Kecamatan Balong tahun ini mendapatkan bantuan dari Kemensos RI.

“Bantuan keserasian sosial turun di Desa Bulak ternyata selain ada keserasian ada kearifan lokalnya. Bantuan seperti ini di Ponorogo setiap tahun hanya 2 desa, salah satunya desa Bulak ini, ” katanya.

Dia juga menjelaskan, selain bisa untuk kegiatan dialog pencegahan konflik sosial, juga bisa digunakan untuk pembangunan.

“Karena sifatnya swadaya, maka gotong royongnya saat pelaksanaan pekerjaan harus kelihatan. Yang penting guyup rukun, dan saling bekerjasama saat pelaksanaan kegiatan,” terangnya.

Senada disampaikan Kepala Desa Bulak Arini Musrifah menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua fihak atas lancarnya dan kesuksesan forum keserasihan di dua rt di Desa Bulak.

“Selaku pemerintah desa Bulak, Saya mengucapkan terima kasih kepada Dinsos Ponorogo yang telah memberikan bantuan sosial berupa keserasian sosial,” ucapnya.

Program ini, lanjut Arini Musrifah selain untuk giat dialog juga berupa pembangunan talud yang akan dilakukan tahun ini.

“Harapan Saya, semoga bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat Bulak. Mari kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya. (mny).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here