Home Headline SMKN 1 Ponorogo Kuat Sisi Religi, Berbagi & Berbakti di Wilayah Sambit

SMKN 1 Ponorogo Kuat Sisi Religi, Berbagi & Berbakti di Wilayah Sambit

0

PONOROGO – Penguatan kegiatan keagamaan dan pendidikan karakter menjadi perhatian utama keluarga besar SMKN 1 Ponorogo selain unggul di bidang akademik dan non akademik.

Terbukti, menyambut perayaan hari besar agama Idul Adha SMKN 1 Ponorogo melalui Rohis Al-Falah menyelenggarakan berbagai kegiatan yang dipusatkan di SMPN 3 Sambit.

Drs. Ahmad Rosyidi, M.Pd Wakasek Kesiswaan mengatakan, rangkaian dimulai ini Sabtu (10/8/2019) dengan menggelar lomba-lomba keagamaan yang diikuti oleh peserta jenjang SD/TPA/MADIN. Adapun lombanya seperti, Sambung Ayat, Hafalan Surat, Mewarnai Kaligrafi, Qiro’/Tartil, dan Lomba Adzan.

Malam harinya, diadakan lomba takbir keliling yang diikuti pelajar jenjang SMP. Dilanjutkan Pentas Seni serta ta’aruf bersama bapak/ibu guru SMPN 3 Sambit beserta tokoh masyarakat sekitar.

Esok harinya, Minggu 11 Agustus 2019 bertepatan 10 Dzulhijjah digelar sholat idhul adha bersama di halaman musholla sekolah.

Setelah itu disambung penyembelihan hewan qurban untuk disalurkan kepada masyarakat sekitar. “Ada 450an paket yang kami bagikan kepada sesama yang memang membutuhkan,” ungkapnya.

Tahun ini SMKN 1 Ponorogo berkurban seekor lembu dan tiga kambing. “Satu lembu dikurban di SMPN 3 Sambit, dua kambing di lingkungan SMKN 1 Ponorogo serta sisanya diserahkan ke SMPN 1 Kauman,” sebutnya.

Ahmad Rosyidi berharap, melalui Idul Adha ini siswa-siswi SMKN 1 Ponorogo bisa memiliki rasa kepedulian terhadap sesama. “Ini sekaligus pembelajaran, bahwa untuk berkurban tidak perlu menunggu rejeki berlebih karena bisa dengan latihan,” ungkapnya.

Pun, dengan meneladani kisah kesabaran Nabi Ismail dan Nabi Ibrahim, anak-anak diharapkan bisa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.

“Berkurban itu bukan sekadar daging namun ketaatan kepada Allah dan menjauhi larangannya,” pungkasnya. (as)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here