Home Budaya Kecamatan Kauman 16 Desa Gelar Reyog, Bupati Ipong, Kunjungi Desa Ngrandu &...

Kecamatan Kauman 16 Desa Gelar Reyog, Bupati Ipong, Kunjungi Desa Ngrandu & Wisatawan Yunani D. Mitri

224
0

PONOROGO (MP) – Hari ini Minggu (11/08/2019) bertepatan hari raya Idul Adha 1440 H, pentas seni regog obyok tetap digelar di Kabupaten Ponorogo.

Seperti di Kecamatan Kauman, ada 16 desa mereka serentak menampilkan seni tari reyog lengkap dengan jathilan, pujangganong, dadak merak, pembarong dan gamelan.

Bupati Ipong Muchlissoni mengunjungi Desa Ngrandu Kecamatan Kauman, Minggu, 11 Agustus 2019 Pkl 14.00 s/d 17.15 Wib.

Gebyak reyog obyok setiap tanggal 11 Agustus ini, untuk kedua kalinya. Dalam rangka meningkatkan Potensi Wisata Desa di seluruh Kabupaten Ponorogo,  yang bersumber dari Dana APBdes sebesar Rp 5 jt/perdesa (jangka waktu Juli s/d Desember 2019) dengan total dana sebesar 30 jt.

Dana tersebut diambilkan dari BKKD/Bansos Kesenian yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Ponorogo kepada masing-masing Desa/Kelurahan, dan pementasan pada bulan ini bertepatan dengan Hari Raya Idhul Adha 1440 H/2019 dan Hari Jadi Kabupaten Ponorogo ke 523.

Berikut lokasi yang digunakan dalam pentas seni Reog di 16 desa se Kecamatan Kauman, 1. Ds. Tegalombo : Balai Desa, 2. Ds. Nongkodono : Rumah Kades Nongkodono alamat Dkh. Candi Ds. Nongkodono. 3. Ds. Sukosari : Balai Desa
4. Ds. Ngrandu : Rumah  Suparto (Kades Ngrandu) alamat Dkh. Wates Desa Ngrandu, 5. Desa Nglarangan : Balai Desa, 6. Da. Bringin : Balai Desa, 7. Desa Pengkol : Balai Desa, 8. Desa Gabel : Rumah Sugiyanto alamat Dukuh Gobang Desa Gabel, 9. Ds. Ciluk : Balai Desa, 10. Ds. Semanding : Balai Desa, 11. Ds. Tosanan : Balai Desa, 12. Ds. Maron : Balai Desa
13. Ds. Somoroto : Rumah Bejo alamat Dkh. Wetan Ds. Somoroto, 14. Desa Plosojenar : Rumah Kades Plosojenar alamat Dkh. Karangan Ds. Plosojenar, 15. Ds. Carat : Rumah Sri Mulyono alamat Dkh. Tamanan Ds. Carat dan 16. Desa Kauman : Balai Desa.

Kedatangan Bupati Ponorogo  Ipong Muchlissoni beserta rombongan,  Sunarto Anggota DPRD Terpilih Partai Nasdem Dapil 6 dan Forpimka Kecamatan Kauman serta penonton WNA asal Yunani, D. Mitri hadir di Pementasan Reog di Desa Ngrandu di Rumah Suparto selaku Kades Ngrandu,  Dkh. Wates Ds. Ngrandu.

Dalam sambutannya, Bupati Ipong  menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat Desa Ngrandu dan Kecamatan Kauman.

“Kegiatan Reog ini, rutin digelar karena untuk melestarikan Budaya Reog yang ada di Ponorogo,” ujarnya.

Dan hari ini, kebetulan kegiatan Reog setiap tanggal 11 tiap bulan bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Ponorogo ke 523 dan Hari Raya Idul Kurban 1440 H.

Pantauan dilapangan Petugas Pengamanan dalam kegiatan reyog serentak seluruh Bhabinkamtibmas dan Babinsa di wilayah Kecamatan Kauman sebanyak 25 Personil di bawah Pimpinan Kapolsek Somoroto Kompol. Nyoto, SH, MH. (mny).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here