Home Birokrasi Ini Jawaban Sekda Terkait Demo Pilkades Pager, Bungkal

Ini Jawaban Sekda Terkait Demo Pilkades Pager, Bungkal

0

PONOROGO (MP) – Sekretaris Daerah Kabupaten Ponorogo, Dr. Agus Pramono, MM menyampaiakan, secara umum pelaksanaan Pilkades serentak 20 Mei 2019 di 198 Desa di kabupaten Ponorogo berjalan dengan tertib, lancar dan aman. Namun ada salah satu Desa yakni Desa Pager Kecamatan Bungkal ada sengketa dan permasalahan.

Dari 198 Desa yang mengikuti Pilkades serentak, hanya satu Desa (desa Pager-red) menyisakan masalah. Kalau di Prosentase 0,00 sekian %. Kita menilai, Pilkades serentak kemarin berhasil. Karena, bila ada masalah-masalah yang muncul, ketika diselesaikan sesuai dengan ketentuan peraturan, bisa selesai.

Hal itu diungkapkan sekda Agus Pramono saat dirinya menemui sejumlah perwakilan warga Pager usai melakukan aksi di depan kantor Bupati Ponorogo, Jum’at (31/05/2019).

Agus Pramono mengatakan, sesuai dengan kewenangan yang kita miliki seharus permasalahan Pilkades Pager itu bisa diselesaikan di tingkat Kecamatan Bungkal, namun faktanya masih belum selesai.

“Masalah krusialnya adalah, ada selisih 2 suara,” ujarnya.

Namun demikian, Pemerintah Daerah Kabupaten Ponorogo akan memberikan pertimbangan kepada Bapak Bupati Ipong Muchlisoni.

“Pertimbangan yang Saya berikan kepada Panitia berdasarkan pada ketentuan pada Perbup atau aturan yang mengatur tentang sengketa Pilkades,” ucapnya.

Sealin itu, pertimbangan juga akan kita sampaikan berdasarkan fakta dilapangan.

Sekda juga mengungkapkan, untuk menyelesaikan sengketa itu ada batasan waktu. “Ada batas waktu 30 hari untuk menyelesaikannya. Tapi setelah dihitung mulai mulai ada laporan, tingkal 20 hari,” terangnya.

Pihaknya, berharap kurang dari 20 hari waktu yang ada segera bisa memberikan keputusan. “Saya optimis kurang dari 20 hari Bapak Bupati bisa memberikan jawaban kepada Panitia Pilkades ditingkat Desa maupun tingkat Kecamatan,” ucapnya.

Dikatakan, untuk pelantikan calon Kepala Desa pihaknya berharap bisa dilakukan secara serentak. “Tapi kalau memang masih ada masalah ya bagaimana lagi. Sesuai jadwal, pelantikan tetap akan berjalan, apakah akan dilantik sesuai dengan jumlahnya yakni 198 Desa? Ini belum tentu, karena masih menyisakan satu yang bermasalah yaitu Desa Pager Kecamatan Bungkal,” pungkasnya. (mny)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here