Home Budaya Suguhkan Reyog Santri, Taruno Suryo SMA Muhipo Sabet Juara 2 FNRP

Suguhkan Reyog Santri, Taruno Suryo SMA Muhipo Sabet Juara 2 FNRP

189
0

PONOROGO, (MP)- Sebagai salah satu bentuk layanan pendidikan holistik sekaligus penguatan pendidikan karakter, SMA Muhipo memiliki komitmen yang kuat untuk mengembangkan salah satu kearifan budaya berupa grup kesenian Reyog Ponorogo.

Pada ajang festival tahun 2017 ini Grup Reyog Taruna Suryo SMA Muhipo kembali ambil bagian untuk bersaing dengan group- grup reyog yang datang dari penjuru tanah air.

Dan hasilnya diumumkan pada penutupan perayaan Grebeg Suro di panggung utama aloon-aloon Ponorogo (20/9/2017), yang dihadiri oleh Kementerian pariwisata, Tamu undangan, Bupati dan  Forpimda serta seluruh pejabat Pemerintah kabupaten Ponorogo dan juga ribuan penonton, Grup Reyog Taruno Suryo berhasil meraih prestasi Fantastis sebagai Reyog Penyaji Unggulan Terbaik 2.

Kepala sekolah SMA Muhipo Muh. Kholil, MPd.I mengungkapkan, kesuksesan ini adalah berkat profesionalisme dan ketelatenan pembina serta pelatih, semangat dan kedisiplinan para pemain. “Juga atas dukungan penuh dari pimpinan sekolah beserta seluruh keluarga besar SMA Muhipo, para alumni, wali murid, support dari persyarikatan dan semua insan pecinta seni reyog”.

Pada kesempatan yang sama Moh. Kholil juga menjelaskan bahwa terdapat perbedaan yang khusus pada Grup Reyog Taruno Suryo. “Reyog Taruno Suryo membawa misi dakwah kultural,  diantaranya kostum penari jathil  yang tetap mempertahankan busana syar’i, tanpa minuman keras dan jauh dari hal-hal mistis,” tegasnya.

“Hal ini yang terus diemban oleh tim reog besutan Muhipo yang membawa  jargon Reyog Santri,” imbuh kholil.

Sementara itu pada kesempatan lain, Sugeng Riyadi, pembina Grup Reog Taruno Suryo kepada awak media menyatakan bahwa “Kerja keras selama berproses dan latihan selama dua bulan alhamdulillah terbayar lunas,” katanya.

“Anak- anak harus membagi waktu siang belajar dan malam latihan mulai jam 19.30-22.00. Dan prestasi ini menjadi PR besar untuk mempertahankan dan meningkatkan,” imbuh Sugeng Riyadi yang juga guru Matematika di SMA Muhipo.

Selamat dan sukses kepada Grup Reyog Taruno Suryo SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo atas prestasinya. Semoga membawa SMA Muhipo menjadi semakin berbudaya dan berkemajuan, Amin. (asr/mhp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here